Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Android Q dan Pixel 3a di Google I/O 2019

Kompas.com - 06/05/2019, 20:42 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Google I/O merupakan sebuah ajang konferensi developer tahunan yang digelar olah Google di kompleks kantornya di kawasan Moutain View, Amerika Serikat.

Biasanya, Google I/O turut menjadi panggung perkenalan sistem operasi Android versi teranyar, berikut inovasi-inovasi terkini lainnya dari sang tuan rumah.

Nah, untuk tahun 2019 ini, KompasTekno kembali mendapat kesempatan untuk berkunjung langsung ke panggung Google I/O di Shoreline Amphitheater yang berdekatan dengan kantor Google di Mountain View.

Sejumlah hal baru kabarnya akan diperkenalkan dalam Google I/O 2019, mulai dari Android Q, ponsel Google Pixel 3a, hingga game streaming Stadia. Berikut ini daftarnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Senin (6/5/2019).

Android Q

Google memang kerap memperkenalkan OS Android terbar dalam gelaran tahunan Google I/O. Untuk tahun 2019 ini, versi yang akan diperkenalkan adalah Android Q sebagai kelanjutan dari Android P alias "Pie" yang dirilis tahun lalu.

Baca juga: Google I/O 2019 Digelar Mei, Android Q Dikenalkan?

Belum diketahui apa julukan untuk Android Q. Biasanya OS Android disebut sesuai nama cemilan manis yang huruf awalnya sama dengan huruf di akhiran nama si sistem operasi, seperti "Pie" untuk Android "P" tadi.

Google Assistant

Selain Android Q, Google juga seringkali memperkenalkan fitur-fitur baru untuk Google Assistant dalam ajang I/O. Tahun lalu, Google merilis suara-suara baru pada Assistant, termasuk menyisipkan suara musisi John Legend.

Google Assistant dalam Bahasa Indonesia.Google Google Assistant dalam Bahasa Indonesia.
Ada pula fitur di mana Google Assistant mengharuskan anak-anak yang menggunakan layanannya untuk mengatakan "tolong" ketika memberikan perintah pada Assistant.

Selain itu, pada 2018 lalu Assistant juga mendapat sejumlah pembaruan yang membuatnya dapat berinteraksi selayaknya manusia biasa.

Oleh karenanya, fitur-fitur baru Google Assistant yang akan dirilis tahun ini sangat layak untuk dinanti.

Augmented Reality dan Virtual Reality

Tiga tahun lalu, Google memperkenalkan sebuah platform Virtual Reality bernama DayDream dalam gelaran I/O kala itu.

Platform tersebut memungkinkan pengguna mengubah ponsel mereka menjadi sebuah mesin VR dan dapat digunakan dengan headset khusus.

Baca juga: Kamera Pintar Google Lens Disebar ke Semua Android

Kemudian dua tahun lalu, dalam gelaran yang sama, Google juga memperkenalkan teknologi Augmented Reality melalui platform Google Lens. Google Lens merupakan aplikasi di mana pengguna dapat mencari segala informasi hanya melalui sebuah kamera ponsel.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com