Tak Perlu Dua Twit, Twitter Kini Bisa Langsung Tambah Gambar di "Retweet"

Kompas.com - 07/05/2019, 14:39 WIB
Ilustrasi Aplikasi Twitter di ponsel di depan logo Twitter BloombergIlustrasi Aplikasi Twitter di ponsel di depan logo Twitter
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Awal pekan ini Twitter meluncurkan fitur anyar untuk fungsi kicau ulang alias retweet. Kini, pengguna bisa menyisipkan foto, video, maupun animasi GIF secara langsung ke dalam satu retweet.

Sebelumnya, jika pengguna Twitter ingin memasukkan gambar atau GIF di dalam sebuah retweet, maka mereka harus membuat dua twit, sebagaimana tampak pada gambar sebelah kiri di bawah. 

Baca juga: Urutan Linimasa Twitter Android Kini Bisa Dipilih, Terbaru atau Terpopuler

Sekarang, pengguna cukup membuat satu twit saja yang berisi konten gambar, video, atau animasi GIF tadi, seperti tampak pada gambar di sebelah kanan berikut.

Ilustrasi fitur Retweet dengan media gambar atau GIF. Gambar sebelah kiri adalah fitur Retweet sebelum pembaruan. Sementara gambar sebelah kanan adalah fitur Retweet setelah pembaruan. KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi fitur Retweet dengan media gambar atau GIF. Gambar sebelah kiri adalah fitur Retweet sebelum pembaruan. Sementara gambar sebelah kanan adalah fitur Retweet setelah pembaruan.

Fitur ini diluncurkan Twitter untuk menghadirkan solusi terkait gambar atau media yang biasanya tumpang-tindih ketika pengguna me-retweet sebuah twit dengan tambahan berupa  kontem gambar atau GIF.

Hal itu dikarenakan desain layout Twitter yang sebelumnya mengharuskan pengguna membuat satu twit khusus untuk memuat konten,  jika pengguna ingin menyertakan foto, gambar, atau GIF dalam kicauan ulang.

Cara retweet langsung dengan gambar atau video

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur tersebut? Seperti fitur retweet, pengguna cukup mencari twit yang ingin dikicaukan ulang.

Kemudian, pilih ikon "retweet" dan pilih "retweet with comment". Setelah itu, pada tampilan berikutnya, pengguna bisa memasukkan gambar, video, atau GIF dalam retweet tersebut, dengan meng-klik ikon "gambar" atau "GIF".

Baca juga: Twitter Rilis Aplikasi Twttr untuk "Kelinci Percobaan" Fitur Baru

Terakhir, setelah memilih gambar atau GIF, klik tombol "retweet". Nantinya, pengguna bisa melihat hasil Retweet tampak seperti gambar sebelah kanan di atas.

Ilustrasi cara membuat Retweet dengan gambar atau GIFKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi cara membuat Retweet dengan gambar atau GIF

Fitur ini tengah digelontorkan oleh Twitter secara bertahap di Twitter versi Android, iOS, dan mobile web, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Selasa (7/5/2019).

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur ini sudah bisa digunakan di Twitter versi mobile web, namun masih belum bisa digunakan di aplikasi Twitter versi Android.

Belum diketahui pula kapan fitur ini bakal menyambangi Twitter versi desktop. Kita tunggu saja kehadirannya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X