Begini Cara Kerja Tombol "Google Asistant" yang Jadi Andalan Nokia 4.2

Kompas.com - 08/05/2019, 09:31 WIB
Ilustrasi Nokia 4.2 tampak depan. Ponsel ini memiliki layar 5,71 inci (resolusi 720 x 1.520, rasio layar 19:9) dengan desain notch waterdrop yang dimanfaatkan sebagai rumahan kamera selfie 8 megapiksel.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Nokia 4.2 tampak depan. Ponsel ini memiliki layar 5,71 inci (resolusi 720 x 1.520, rasio layar 19:9) dengan desain notch waterdrop yang dimanfaatkan sebagai rumahan kamera selfie 8 megapiksel.

KOMPAS.com - HMD Global baru saja meluncurkan ponsel menengah terbarunya, Nokia 4.2 di pasaran Indonesia. Smartphone ini memiliki fitur unggulan berupa tombol untuk memanggil asisten digital Google Assistant

Tombol yang terletak di sisi samping perangkat tersebut untuk pertama kalinya hadir di ponsel Nokia lewat Nokia 4.2. Lalu, apa kehebatannya sampai-sampai disebut sebagai salah satu nilai jual Nokia 4.2?

Baca juga: Ponsel "Google Assistant" Nokia 4.2 Resmi Masuk Indonesia, Harganya?

Menurut Irvan Ridha selaku Trainer Lead HMD Global Indonesia, tombol Google Assistant di Nokia 4.2 bisa menjalankan beberapa fungsi berbeda, tergantung jumlah dan durasi penekanannya oleh pengguna.

"Jadi, tombolnya itu (Google Assistant) ada, bisa sampai tiga (mode) penekanan," ujar Irvan saat ditemui KompasTekno di sela acara peluncuran Nokia 4.2 di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Tampak sisi kiri Nokia 4.2. Di bagian ini, ada sebuah tombol Google Assistant dan slot kartu SIM dan microSD.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampak sisi kiri Nokia 4.2. Di bagian ini, ada sebuah tombol Google Assistant dan slot kartu SIM dan microSD.
Tiga mode penekanan tombol ini adalah penekanan tombol dengan sekali tekan, dua kali tekan, dan sekali tekan lalu ditahan agak lama (long press).

Pengguna ponsel Nokia 4.2 bisa menekan tombol tersebut satu kali untuk mendapatkan bantuan terkait informasi-informasi umum, seperti alamat, lokasi, hingga menelpon orang yang ada di kontak.

Setelah ditekan sekali, pengguna cukup mengatakan apa yang ingin dicari dan informasi yang relevan pun akan disuguhkan oleh sang asisten digital.

Kemudian, ketika tombol tersebut ditekan dua kali, maka Google Assistant akan menyodorkan sebuah tampilan atau ringkasan aktivitas pengguna, yang disebut Nokia dengan "Snapshot".

"Snapshot menggambarkan ringkasan jadwal kegiatan kita hari ini, berikut informasi cuaca," imbuh Irvan. 

Terakhir, penekanan tombol dengan cara long press berfungsi layaknya "walkie talkie", memberikan perintah suara untuk mengontrol perangkat yang terhubung dengan Google Home.

Baca juga: Resmi, Google Assistant Kini BIsa Bahasa Indonesia

"Pengguna bisa mengaktifkan perangkat tersebut atau perangkat yang terkoneksi dengan Google Home dari jauh," imbuhnya.

Spesifikasi Nokia 4.2 mencakup layar 5,71 inci (720 X 1.520 piksel, aspect ratio 19:9) dengan poni waterdrop di sisi atas, chip Snapdragon 439, RAM 3 GB, media penyimpanan 32 GB, dan baterai 3.000 mAh.

Ada pula kamera ganda 13 megapiksel dan 2 megapiksel (depth sensor)serta kamera depan 8 megapiksel.

Ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 2.499.000 dan bisa dipesan mulai tanggal 9 Mei hingga 19 Mei mendatang di e-commerce Blibli.com dan Shopee serta peritel Erafone dan Sentra Ponsel.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X