Soal Konsolidasi, Tri Tunggu Aba-Aba Pemegang Saham

Kompas.com - 08/05/2019, 11:31 WIB
Operator seluler Tri Aditya Panji/Kompas.comOperator seluler Tri

KOMPAS.com - Operator seluler Hutchison 3 Indonesia (Tri) mendukung wacana program konsolidasi operator yang digaungkan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Namun, terkait soal ini, Tri masih menunggu aba-aba dari para pemegang saham CK Hutchison Holdings.

"Ya kami mendukung konsolidasi, karena itu kan membuat industri lebih sehat. Tapi kami tunggu kabar dari pemegang saham," ujar Chief Commercial Officer Tri Indonesia Dolly Susanto saat ditemui awak media di Jakarta, Sealsa (8/5/2019).

Baca juga: Tri Luncurkan Paket Internet Khusus Waktu Sahur dan Berbuka Puasa

Dolly mengatakan Tri akan mendukung apapun keputusan Kominfo nantinya, terutama terkait tiga opsi status frekuensi yang telah diwacanakan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

"Kami mendukung apapun keputusan dari Kominfo. Masalah frekuenisnya, ya kita lihat saja dari (Menteri Komunikasi dan Informatika) Pak Rudiantara, akhirnya akan diapakan spektrumnya," imbuh Dolly.

Tiga opsi status frekuensi

Sebelumnya di kesempatan yang berbeda, Ketua BRTI, Ismail, membuka tiga opsi soal status frekuensi perusahaan yang konsolidasi. Opsi pertama adalah pemberian seluruh frekuensi yang dimiliki kedua perusahaan yang memutuskan untuk merger.

Kedua, permohonan  spektrum akan disetujui sebagaian, sementara spektrum sisanya akan dikembalikan ke pemrintah untuk dialokasikan atau dilelang.

Terakhir adalah opsi pengembalian sisa spektrum kepada pemerintah untuk dicadangkan. Spektrum ini baru akan diberikan apabila ada operator yang memerlukan tambahan.

BRTI menyebut ketiga opsi ini akan ditentukan berdasarkan beberapa kriteria, seperti jumlah pelanggan, komitmen pengembangan investasi, dan wilayah cakupan jaringan.

Kembali ke Tri, Dolly mengatakan kemungkinan besar perusahaannya akan memposisikan diri sebagai konsolidator atau pengakuisisi.

Baca juga: Jika Ada Konsolidasi, Hutchinson Tri Selalu di Posisi yang Membeli

"Kalau kita lihat polanya dari Hutchison kan selalu posisinya itu mengakuisisi, seperti di Italia lalu di UK (Inggris) kemarin meski ditolak," paparnya.

Pemilik saham Hutchison 3 Indonesia adalah CK Hutchison Holdings yang mengoperasikan jaringan 3G/4G di sembilan wilayah. Selain Indonesia, jaringan bermerek "Three" juga beroperasi di Australia, Austria, Inggris, Denmark, Hong Kong, Irlandia, Italia, dan Swedia.

Dolly menambahkan, sejauh ini para pemegang saham optimis melihat kinerja Tri di Indonesia, terutama anak muda yang diklaim mendominasi basis pelanggan Tri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X