Antisipasi Mudik, Tri Ekspansi Jaringan dan Siapkan 37 "Mobile BTS"

Kompas.com - 08/05/2019, 13:17 WIB
Operator seluler Tri hadirkan paket layanan bagi jamaah haji Indonesia.Dok. Tri Operator seluler Tri hadirkan paket layanan bagi jamaah haji Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hutchison 3 Indonesia (Tri) memprediksi adanya lonjakan trafik saat arus mudik lebaran nanti. Berkaca dari tahun lalu, lonjakan trafik diperkirakan mencapai 30-50 persen untuk layanan data dibanding hari-hari biasa.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Tri melakukan beberapa persiapan. Salah satunya, menurut President of Network Strategic Planning and Customer Tri Gustiansyah Wilson, adalah dengan melakukan ekspansi jaringan di wilayah Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

"Kami melakukan ekspansi jaringan dengan 8.000 situs ( BTS), kombinasi antara 4G dan 4,5G. Jadi ini salah satu ekspansi kami yang terbesar," jelas Wilson dalam acara temu media di Jakarta, Selasa (8/5/2019).

Baca juga: Tri Luncurkan Paket Internet Khusus Waktu Sahur dan Berbuka Puasa

Dari 8.000 situs tersebut, Gusti mengungkap sebanyak 50 persennya akan siap pada akhir Mei mendatang. Jaringan 4.5G Tri diklaim telah mencakup hingga 10.000 pedesaan dan 300 kota/kabupaten di Indonesia.

Tri juga berupaya mengatur beban kapasitas selama mudik hingga arus balik nanti dengan melakukan pengalihan kapasitas atau capacity balancing. Upaya ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi bernama Network Function Virtualization (NFV).

"Dengan virtualization tidak ada hubungan one to one connection, semuanya virtual. Dengan teknologi ini bisa mudah melakukan pengalihan kapasitas," jelas Gusti.

Gusti menambahkan, Tri juga akan memasang 37 mobile base tranceiver station (BTS) yang tersebar mulai dari Bakauheni hingga Sidoarjo.

"Dari jumlah ini, 50 persen sudah dioperasikan. Seminggu sebelum lebaran seharusnya sudah siap semua," jelasnya.

Baca juga: Tak Mau Perang Harga, Tri Fokus ke Kualitas Layanan

Mobile BTS ini lebih ditujukan sebagai penambah kapasitas di titik ramai seperti rest area. "Kami sudah coverage semua tol-tol jadi ini sebagai penambahan kapasitas," sambung Gusti.

Optimalisasi jaringan juga dilakukan dengan menyebarkan core network system yang tersebar di 19 kota.

Chief Commercial Officer Tri Indonesia Dolly Susanto memprediksi akan terjadi lonjakan recharge atau pengisian pulsa sebesar 30 persen sejak H-7 hingga H-3 lebaran. Kendati demikian, trafik layanan SMS diprediksi akan stagnan.

"Sejak dua hingga tiga tahun SMS agak biasa aja. Kebanyakan orang melakukan silahturahmi lewat WhatsApp. Kalau voice masih, silaturahmi hari-H masih ada kenaikan sekitar 10-15 persen dibandingkan hari-hari sebelumnya", terang Dolly.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X