Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Google Search Bakal Tampilkan Gambar 3D

Kompas.com - 09/05/2019, 09:01 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Google menambahkan sebuah kemampuan baru pada layanan Google Search miliknya. Layanan mesin pencari ini kini dapat menampilkan hasil pencarian dengan gambar 3D.

Untuk menampilkan hasil pencarian dengan gambar 3D ini menerapkan teknologi Augmented Reality (AR).

Berbicara di hadapan jurnalis yang diundang, termasuk KompasTekno, perwakilan Google, Aparna Chennapragada mengatakan bahwa fitur ini akan ditemukan pada hasil pencarian gambar, dengan tombol bertuliskan "3D".

"Ada tombol dengan tulisan "3D" di bagian bawah. Jika ditekan, akan muncul gambar dengan Augmented Reality pada layar ponsel," kata Aparna di panggung Google I/O 2019 yang digelar di Shoreline Amphitheatre, California, AS, Selasa (7/5/2019).

Uniknya, gambar 3D dari hasil pencarian tersebut akan muncul dengan skala 1:1 alias sesuai dengan ukuran aslinya. Misalnya pengguna mencari gambar "sepatu" pada Google Search.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Fitur Pencarian Lewat Foto Mirip Google Lens

Jika tombol 3D ditekan, maka akan muncul citra sepatu sesuai dengan ukuran aslinya melalui teknologi Augmented Reality.


Atau contoh lainnya ketika pengguna mencari gambar "ikan hiu". Ketika tombol 3D ditekan pada hasil pencarian, maka akan muncul bentuk ikan hiu secara 3D yang sesuai dengan ukuran aslinya.

Menurut Google, teknologi ini merupakan hasil kombinasi antara Google Search dan Google Lens. Google juga mengatakan telah mendongkrak kemampuan Google Lens agar lebih cerdas.

Baca juga: Google Maps Bakal Pandu Jalan Pakai Augmented Reality

"Kami menyisipkan Augmented Reality pada Google Search dan meningkatkan kemampuan kecerdasan pada Google Lens. Dengan begitu, pengguna akan dapat melihat hasil pencarian dalam skala yang sesuai dengan bentuk nyatanya," kata Aparna.

Namun fitur ini belum digelontorkan secara massal untuk seluruh pengguna. Google menegaskan, lagi-lagi, pengguna ponsel Pixel akan menjadi orang pertama yang dapat mencicipi fitur-fitur terbaru ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Tekno (@kompas.tekno) on May 8, 2019 at 12:09am PDT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com