Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal "Update" Windows 10 Bakal Bisa Diatur oleh Pengguna?

Kompas.com - 09/05/2019, 15:16 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengunduhan dan instalasi update di Windows 10 mungkin terasa menyebalkan bagi pengguna . Pasalnya, Microsoft seringkali "memaksa" untuk segera memasang pembaruan Windows tanpa memberi pilihan bagi pengguna. 

Alhasil, mau tidak mau, pengguna terpaksa menginstal pembaruan yang bisa memakan waktu cukup lama sehingga terkadang mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan. Padahal, update belum tentu lebih baik, malah kadang mengandung bug atau masalah lain.

Baca juga: Pembaruan Windows 10 Lebih Sedot Kapasitas "Harddisk" 

Ke depan, problem tersebut agaknya akan segera berakhir setelah memasang pembaruan Windows 10 versi 1903 yang hadir di bulan Mei 2019.

Beberapa editor di forum online Reddit mengungkap adanya opsi "Download and Install Now" yang baru di laman pembaruan sistem Windows 10 versi 1903. Opsi ini memungkinkan pengguna untuk menunda download dan instalasi update  di perangkatnya.

Saat pengguna memilih opsi tersebut, Windows akan memberikan batas waktu penundaan pembaruan mulai dari 7 hingga 35 hari, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Slash Gear, Kamis (9/5/2019).

Tangkapan layar pembaruan Windows 10 versi 1903 yang memunculkan opsi penundaan pembaruan selama 7 hari.Slash Gear Tangkapan layar pembaruan Windows 10 versi 1903 yang memunculkan opsi penundaan pembaruan selama 7 hari.

Apabila versi Windows 10 di perangkat sudah mendekati masa dukungan (end-of-life), maka mau tidak mau, Microsoft akan memaksakan pembaruan sistem. Tapi setidaknya opsi ini bisa memberikan pilihan bagi pengguna soal kapan ingin memasang update.

Baca juga: Cabut Flashdisk USB Tak Perlu "Safely Remove" di Windows 10

Sebelum upgrade ke Windows 10 versu 1903 pun pengguna sebenarnya juga bisa melakukan penundaan update secara manual. Cara termudahnya adalah dengan tidak melakukan "check for update" secara manual.

Windows 10 versi 1903 sendiri membawa sederet fitur seperti Light Mode, Windows Sandbox, Cortana, Search dan asisten digital Cortana yang terpisah, menghapus aplikasi bawaan, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com