Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penonton Bulanan YouTube Tembus Angka 2 Miliar

Kompas.com - 09/05/2019, 16:12 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Platform berbagi video YouTube baru-baru ini mencatat jumlah penonton bulanan terdaftarnya (logged-in monthly users) sudah menembus 2 miliar.

Angka ini naik sekitar 5 persen dari jumlah penonton bulanan di tahun 2018 yang tercatat di angka 1,8 miliar.

Hal itu disampaikan oleh CEO YouTube, Susan Wojcicki saat memberikan presentasi di acara tahunan Brandcast YouTube ke para pengiklan di New York City, AS, pekan lalu.

Baca juga: YouTube Perbarui Aturan Main, Ada 3 Tingkat Pelanggaran

Jumlah penonton bulanan ini belum termasuk para pengguna internet lain yang kerap menonton video YouTube tapi tidak memiliki akun di sana.

Selain jumlah penonton bulanan, Wojcicki juga membeberkan data menarik lainnya terkait jumlah pengguna yang menonton YouTube dari layar TV.

Pada kesempatan yang sama, Wojcicki menyebut pengguna YouTube menghabiskan sekitar 250 juta jam setiap harinya untuk mengakses dan menyaksikan video-video YouTube dari layar TV setiap harinya.

Artinya, durasi streaming YouTube dari layar TV meningkat sekitar 39 persen dari pertengahan tahun sebelumnya (2018) yang tercatat di angka 180 juta jam per hari.

Angka ini juga belum termasuk jumlah pelanggan layanan TV berbayar milik YouTube, yaitu YouTube TV.

Baca juga: Nasib Moderator Konten Medsos, Terpaksa Nonton Video Porno 8 Jam

Wojcicki turut mengungkapkan bahwa YouTube menghapus sekitar 7 juta hingga 9 juta video yang dinilai mengandung konten negatif (ujaran kebencian, kekerasan, dan lain-lain) tiap kuartal atau tiga bulan.

YouTube mempekerjakan 10.000 orang content reviewer untuk menyaring video-video yang diunggah pengguna agar sesuai dengan ketentuan penggunaan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Kamis (9/5/2019). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com