Upaya Apple Membantu Orang Tua Kurangi Penggunaan "Gadget" oleh Anak

Kompas.com - 09/05/2019, 19:05 WIB
iPhone XS. IstimewaiPhone XS.

KOMPAS.com - Kecanduan ponsel menjadi salah satu penyakit digital yang masih sukar diurai saat ini. CEO Apple Tim Cook pun menyatakan tak mau para pemilik iPhone terlalu sering memakai perangkat tersebut, terutama anak-anak.

Dalam sebuah wawancara, dia menerangkan Apple berupaya mengendalikan penggunaan gadget di lingkungan keluarga melalui fitur bernama Screen Time yang pertama kali diperkenalkan tahun lalu.

Baca juga: CEO Apple Mengaku Kaget Soal Kebiasannya Memakai Ponsel

Sesuai namanya, fitur ini berfungsi mengukur berapa lama waktu yang dihabiskan oleh seorang pengguna iPhone dalam memakai tiap aplikasi.

Fitur Screen Time di iPhonePhone Arena Fitur Screen Time di iPhone
Dengan memberikan user profile untuk anak, orang tua bisa menentukan berapa lama si anak dibolehkan menggunakan aplikasi tertentu, misalnya media sosial.

Orang tua pun bisa mendapat laporan pemakaian ponsel oleh anak mereka setiap pekan.

Soal berapa lama waktu maksimal yang dibolehkan untuk anak, Cook mengatakan tak ada standar soal itu karena masing-masing orang tua juga memiliki cara sendiri dalam menyikapi anak.

"Orang-orang punya pandangan berbeda soal apa yang dibolehkan untuk anak dan apa yang tidak," ujarnya, dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Kamis (9/5/2019).

Baca juga: Bos Apple Tak Mau Pengguna Terlalu Sibuk dengan iPhone

Lebih jauh, Cook menyebut bahwa Apple sedang menyiapkan fitur batasan usia dan parental approval atau persetujuan orangtua sebelum anak mengakses beberapa aplikasi. Ada juga rencana melabeli lagu yang dianggap memuat lirik dewasa.

Masalahnya adalah bagaimana membuat solusi yang bisa diterima oleh semua orang. "Itu berbeda-beda antara Anda, dan saya, dan orang lain. Sesuatu yang saya anggap layak bisa jadi dianggap tak pantas oleh tetangga," kata Cook.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X