Ponsel Google Pixel 3a Ternyata Bikinan HTC

Kompas.com - 10/05/2019, 03:10 WIB
Google Pixel 3aGoogle Google Pixel 3a

KOMPAS.com - Google baru saja meluncurkan smartphone Pixel 3a dan Pixel 3a XL di gelaran tahunan Google I/O 2019. Ponsel yang mengandalkan kamera dan AI itu ternyata bukan buatan Google sendiri, melainkan turut melibatkan HTC.

Maklum, HTC sang pabrikan asal Taiwan memang sudah terlibat dalam pembuatan ponsel Google sejak seri Pixel pertama. Untuk Pixel 3a, peranan HTC lebih besar lagi dari sebelumnya.

Baca juga: Google Pixel 3a dan Pixel 3a XL Resmi Meluncur

"Mereka (HTC) memiliki andil besar dan mengerjakannya di Taiwan," ujar eksekutif Google Biran Rakowski dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg.

Menurut Rakowski, HTC bukan hanya merakit atau memproduksi Pixel 3a saja, namun seluruh pengerjaan hardware dan software juga diserahkan kepada HTC sehingga ponsel itu praktis bisa dibilang sebagai bikinan HTC.

"Ini menjadi kali yang pertama mereka (HTC) memimpin dalam perspektif hardware dan software," imbuh Rakowski, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Kamis (9/5/2019).

Baca juga: Google Caplok Vendor Smartphone HTC karena Apple

Google sendiri diketahui membeli divisi smartphone HTC dengan nilai 1,1 miliar dollar AS (setara Rp 14,6 triliun) pada 2017 lalu. Lewat akuisisi itu, Google turut mendapatkan lisensi non-eksklusif untuk berbagai kekayaan intelektual HTC.

Sekilas tentang Pixel 3a dan Pixel 3a XL

Baik Google Pixel 3a dan Pixel 3a XL yang berukuran lebih besar sama-smaa dibekali chip Snapdragon 670 dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan 64 GB.

Spesifikasi yang membedakan antara keduanya ada pada ukuran layar, di mana Pixel 3a mengusung layar seluas 5,6 inci, sementara Pixel 3a XL memiliki layar seluas 6 inci.

Untuk sektor fotografi, keduanya juga dibekali dengan kamera serupa. Hanya ada kamera tunggal baik di bagian depan maupun belakang dengan resolusi 12 megapiksel f/1.8 (depan) dan 8 megapiksel f/2.0 (belakang).

Baca juga: Ini Spesifikasi dan Harga Google Pixel 3a dan 3a XL

Kamera utama keduanya dilengkapi dengan Electronic Image Stabilization sehingga gambar lebih stabil ketika diambil dalam keadaan bergerak.

Untuk baterai, Pixel 3a dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh, sementara Pixel 3a XL memiliki baterai dengan kapasitas lebih besar yakni 3.700 mAh.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X