Dokumen Sertifikat Ungkap Spesifikasi Realme X dan Realme X Lite

Kompas.com - 12/05/2019, 08:22 WIB
Ilustrasi ponsel Realme X di bawah logo RealmePhoneRadar Ilustrasi ponsel Realme X di bawah logo Realme

KOMPAS.com - Realme dikabarkan bakal meluncurkan dua ponsel terbarunya, Realme X dan Realme X Lite, pada 15 Mei mendatang di China.

Dalam waktu sepekan sebelum peluncuran, spesifikasi kedua ponsel ini bocor dan tersebar di ranah maya lewat sebuah dokumen yang dipublikasikan lembaga sertifikasi ponsel China, TENAA.

Baca juga: Ponsel Kamera "Pop-up" Realme X Meluncur 15 Mei?

Di dalamnya disebutkan bahwa Realme X dengan nomor model "RMX1901" bakal mengusung rancangan layar tanpa poni (notchless) seluas 6,5 inci dengan resolusi FHD plus.

Menurut halaman TENAA, kamera depan Realme X memiliki sensor 16 megapiksel. Karena tak ada poni, maka kamera swafoto di ponsel ini kemungkinan bakal disembunyikan dengan mekanisme pop-up seperti yang dirumorkan sebelumnya. 

Ada pula dua kamera di bagian punggungnya yang masing-masing beresolusi 48 megapiksel dan 5 megapiksel.

Realme X juga disinyalir akan diotaki Snapdragon 730, chip baru besutan Qualcomm, dengan baterai berkapasitas 3.680 mAh.

Tangkapan layar penampakan Realme X dari situs sertifikasi TENNAGizmo China Tangkapan layar penampakan Realme X dari situs sertifikasi TENNA

Realme X Lite, kembaran Realme 3 Pro?

Selain Realme X, halaman TENAA juga turut menguak spesifikasi perangkat yang diduga bernama Realme X Lite dengan nomor model "RMX1851".

Ponsel yang bisa dibilang merupakan versi murah dari Realme X ini disinyalir tak lain merupakan "kembaran" Realme 3 Pro yang baru saja meluncur di India dan juga di Indonesia beberapa hari lalu.

Baca juga: Realme 3 Pro dan Realme C2 Resmi Masuk Indonesia

Serupa dengan Realme 3 Pro, Realme X Lite memiliki layar seluas 6,3 inci resolusi FHD plus, kamera 16 MP dan 5 MP di bagian belakang, kamera selfie 25 MP, chip Snapdragon 710, RAM hingga 6 GB, storage hingga 128 GB, serta baterai 3.960 mAh.

Kedua ponsel juga dikabarkan mendukung teknologi fast charging VOOC 3.0 dan menjalankan sistem operasi Android Pie dengan antarmuka Color OS 6.0, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneRadar, Minggu (12/5/2019).

Kendati spesifikasi mereka telah terkuak, belum diketahui secara pasti berapa banderol harga kedua ponsel ini.

Baca juga: Spesifikasi Beserta Harga Realme 3 Pro dan Realme C2 di Indonesia

Namun, jika Realme X Lite adalah Realme 3 Pro, maka harganya mungkin tidak akan jauh berbeda dengan Realme 3 Pro.

Kita tunggu saja informasi lebih jelasnya pada tanggal 15 Mei mendatang, di mana KompasTekno juga berkesempatan untuk meliput peluncuran Realme X di kota Beijing, China. 

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X