Setelah Pixel 3a, Google Siapkan Ponsel "Murah" Lagi?

Kompas.com - 13/05/2019, 03:32 WIB
Google resmi memperkenalkan dua ponsel terbarunya yakni Pixel 3a (putih) dan Pixel 3a XL (hitam). Kedua ponsel ini merupakan versi murah dari Pixel 3 reguler. Yudha Pratomo/KompasTekno Google resmi memperkenalkan dua ponsel terbarunya yakni Pixel 3a (putih) dan Pixel 3a XL (hitam). Kedua ponsel ini merupakan versi murah dari Pixel 3 reguler.

KOMPAS.com - Dalam konferensi Google I/O di Amerika Serikat, pekan lalu, Google meresmikan duo ponsel Pixel 3a dan Pixel 3a XL yang dibanderol lebih murah dari Pixel 3 reguler.

Tak lama kemudian, sudah muncul kabar bahwa sang raksasa internet itu sedang menyiapkan ponsel "murah" berikutnya. Dugaan tersebut muncul dari sebuah briefing antara AndroidPolice dengan tim hardware Google.

Dalam briefing dimaksud, ditekankan bahwa Pixel 3a dan Pixel 3a XL tak akan menjadi kategori produk yang hanya sekali dirilis, tapi akan dilanjutkan terus.

Baca juga: Ini Spesifikasi Berikut Harga Google Pixel 3a dan Pixel 3a XL

Kemungkinan Google akan menelurkan lini ponsel papan tengah "seri a" ala Pixel 3a tiap tahun, mengikuti jadwal rilis seri ponsel Pixel reguler.

Perbedaan harga antara seri Pixel 3a dengan Pixel 3 reguler cukup mencolok. Pixel 3a dihargai 399 dollar AS (Rp 5,7 juta) atau hanya setengah dari harga Pixel 3 saat peluncuran yang sebesar 799 dollar AS (Rp 11,4 juta).

Kemudian, Pixel 3a XL dihargai 479 dollar AS (Rp 6,9 juta), jauh di bawah Pixel 3 XL yang dibanderol 899 dollar AS (Rp 12,9 juta) pada saat peluncurannya Oktober tahun lalu.

Kendati harganya beda jauh, ada kekhawatiran ponsel menengah Google bisa menggerus pasar ponsel flagship besutannya karena beberapa fitur seri Pixel 3 bisa ditemukan di Pixel 3a.

Baca juga: Menjajal Pixel 3a dan 3a XL, Ponsel Kelas Menengah dari Google

Kamera Pixel 3a pun terbilang mumpuni dan memiliki fitur Night Sight untuk foto malam hari. Sementara, Google masih belum menerapkan lebih dari satu kamera utama di seri Pixel 3, seperti dirangkum KompasTekno dari Android Police, Senin (13/5/2019).

Ada kemungkinan Google akan melakukan diferensiasi yang lebih kentara antara seri ponsel Pixel reguler dengan Pixel "seri a" di masa mendatang, tapi seperti apa bentuknya masih belum diketahui.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X