Cara Mematikan "Google Assistant" di Ponsel Android

Kompas.com - 13/05/2019, 08:19 WIB
Google Assistant dalam Bahasa Indonesia. GoogleGoogle Assistant dalam Bahasa Indonesia.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Teknologi asisten digital Google Assistant yang tertanam di ponsel-ponsel Android memang bisa membantu melakukan berbagai hal.

Namun, mungkin ada kalanya ia justru menyebalkan karena nongol tanpa sengaja dipanggil, misalnya ketika tombol home atau tombol khusus Google Assistant tertekan jari pengguna.

Baca juga: Ponsel "Google Assistant" Nokia 4.2 Resmi Masuk Indonesia, Harganya?

Adakah cara untuk mematikan Google Assistant supaya tak sebentar-sebentar muncul? Tentu saja ada. Simak langkah-langkahnya berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tomshardware, Senin (13/5/2019).

1. Langkah pertama, panggil Google Assistant dengan menekan tombol navigasi "home" di bawah layar ponsel atau tombol pintasan khusus Google Assistant bagi ponsel yang memilikinya.

2. Setelah itu, pilih ikon menyerupai "inbox" yang berada di pojok kiri bawah tampilan Google Assistant.

Ilustrasi Langkah Pertama Mematikan Google AssistantKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Langkah Pertama Mematikan Google Assistant

3. Kemudian, klik avatar pengguna pada pojok kanan atas dan pilih menu "Settings".

4. Di tampilan "Settings", pilih tab "Assistant" dan scroll ke bawah hingga pengguna melihat menu "Phone" yang berada di bawah sub-judul "Assistant Devices". Klik menu tersebut.

5. Beberapa saat setelah pengguna meng-klik menu "Phone", pengguna akan disodori serangkaian pengaturan Google Assistant. Di sini, pengguna cukup matikan toggle pengaturan Google Assistant yang terletak di urutan paling awal.

Ilustrasi Langkah Kedua mematikan Google AssistantKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Langkah Kedua mematikan Google Assistant

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, fitur Google Assistant pun tak akan muncul ketika pengguna menekan tombol navigasi "home" atau tombol dedicated Google Assistant, baik disengaja maupun tak disengaja.

Baca juga: 100 Juta Perangkat Android Bakal Punya Tombol "Google Assistant"

Namun, perlu dicatat, ketika pengguna memanggil Google Assistant beberapa kali pada saat fitur ini dimatikan, Google akan memberikan pemberitahuan melalui prompt bahwa fitur tersebut sedang non-aktif.

Jendela prompt tersebut bisa dilihat di gambar yang paling kanan di atas.

Di jendela itu, pengguna bisa menemukan tombol "Turn On". Abaikan jendela ini untuk tetap membuat fitur asisten digital Google non-aktif atau klik tombol tersebut untuk menghidupkan kembali fitur Google Assistant.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X