Telkomsel Dirikan Perusahaan Pendanaan "Startup"

Kompas.com - 13/05/2019, 14:07 WIB
Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), anak perusahaan Telkomsel yang bergerak di bidang pendanaan startup. Dok. TelkomselTelkomsel Mitra Inovasi (TMI), anak perusahaan Telkomsel yang bergerak di bidang pendanaan startup.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel membentuk anak perusahaan baru, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), yang bergerak di bidang pendanaan untuk startup teknologi di Indonesia.

Modal awal yang disiapkan oleh TMI adalah sebesar 40 juta dollar AS atau sekitar Rp 576 miliar. TMI berkolaborasi dengan MDI Ventures, Telkom, dan Singtel Innov8, sebuah corporate venture capital (CVC) milik Singtel.

Dana investasi baru itu akan dipakai untuk menemukan, melakukan pendanaan strategis, dan bekerja sama dengan berbagai startup yang berada di tahap pertumbuhan awal (early-growth stage).

Baca juga: 2 Startup Indonesia Bakal Tampil di Future Makers 2019 di Singapura

“Kami bekerja sama dengan startup dalam membangun rencana strategis dan eksekusi operasional untuk memaksimalkan nilai jangka panjang," kata Andi Kristianto, Chief Executive Officer (CEO) TMI dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (13/5/2019).

Sementara Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan bahwa kolaborasi bersama MDI Ventures, Telkom, dan Singtel Innov8 melalui TMI akan memberikan kemampuan menghadirkan engagement model bagi startup yang mencari akses ke permodalan strategis.

TMI yang dimiliki 100 persen oleh Telkomsel bertugas melakukan aktivitas investasi serta proses sinergi dan kolaborasi di berbagai unit bisnis Telkomsel, seperti big data, gaming, streaming, dan payment.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Asal Usul Kata Unicorn di Industri Startup, Mengapa Bisa Dipakai?

TMI berinvestasi pada perusahaan baru yang menjanjikan dan memiliki potensi bekerja sama secara sinergis, dalam mengakselerasi pertumbuhan perusahaan tersebut dengan memanfaatkan akses pada ekosistem, aset, dan kompetensi yang dimiliki Telkomsel.

Berkolaborasi dengan startup bukanlah hal yang baru bagi Telkomsel. Sejak 2015, lebih dari 5.000 startup dari 20 kota di Indonesia telah mendapatkan akses kepada sumber daya Telkomsel melalui program The NextDev.

Pada tahun 2018, Telkomsel juga meluncurkan program inkubasi untuk internet of things (IoT) bernama Telkomsel Innovation Center (TINC), yang bertujuan untuk  membantu mereka mengeksekusi strategi go-to-market dan meningkatkan kapabilitas teknis produk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.