Apple Rilis iOS 12.3, Apa Saja Fitur Barunya?

Kompas.com - 14/05/2019, 10:33 WIB
Ilustrasi iPhone Twitter.com/VenyaGaskin1Ilustrasi iPhone
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pengguna gadget Apple, khususnya iPhone dan iPad kini sudah bisa memperbarui sistem operasi perangkatnya ke versi 12.3. iOS 12.3 yang baru saja dirilis membawa serangkaian pembaruan dan fitur baru.

Meski bukanlah pembaruan besar, Apple memberi sejumlah perbaikan untuk menutup bug yang ditemukan pada iOS versi sebelumnya. Selain itu, iOS 12.3 menitikberatkan pada serangkaian pembaruan untuk aplikasi Apple TV.

Apple merombak tampilan dari Apple TV dan membuatnya menjadi terlihat lebih segar. Menurut Apple, tampilan baru ini dibuat agar halaman muka Apple TV dapat memperlihatkan konten yang sesuai dengan preferensi pengguna.

Baca juga: Apple Luncurkan Layanan Pesaing Netflix

Selain itu ada pula pilihan menu baru di Apple TV seperti Watch Now, Library, serta Search. Pada iOS 12.3 ini tampilan antarmuka Apple TV dibuat menjadi lebih sederhana. Pengguna dapat melihat konten-konten sesuai kategori dengan lebih mudah.

Apple TV juga menjadi salah satu cara monetisasi baru dari Apple untuk mendulang pendapatan dari pengguna. Apple, menambahkan fitur "Channel" pada Apple TV di mana pengguna dapat berlangganan dan menonton channel tertentu.

Sayangnya, di Indonesia, aplikasi Apple TV belum dapat digunakan sepenuhnya dan hanya memuat beberapa judul film yang dapat dibeli melalui iTunes.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu pada iOS 12.3 ini, ada pula beberapa pembaruan lain seperti AirPlay 2 yang mendukung berbagi video, foto, musik, dan lainnya dari iPhone/ iPad langsung ke smart TV.

Baca juga: iOS 13 Bawa "Mode Gelap" untuk iPhone?

Dirangkum KompasTekno dari Macrumors, Selasa (14/5/2019), iOS 12.3 juga membawa pembaruan untuk menambal bug yang ada pada iOS 12.2. Sistem operasi ini juga membawa sejumlah Animoji baru.

Bagi pengguna yang ingin memperbarui sistem operasinya ke iOS 12.3, caranya sangat mudah.

Pengguna cukup masuk ke menu Settings, kemudian pilih opsi "General" dan pilih "Software Update". Disarankan untuk menggunakan jaringan WiFi jika ingin melakukan pembaruan ini. supaya tidak banyak mengurangi kuota data internet. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber MacRumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.