Play Store Akan Beri Saran untuk Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Kompas.com - 14/05/2019, 11:25 WIB
Ilustrasi aplikasi Play Store Android AuthorityIlustrasi aplikasi Play Store
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Fitur terbaru berupa rekomendasi aplikasi untuk dihapus bakal segera dirilis Google untuk toko aplikasi Android Play Store.

Degan fitur ini, Google Play Store bakal menyodorkan daftar aplikasi apa saja yang jarang dipakai pengguna smartphone Android, dan memberikan opsi untuk menghapusnya (uninstall).

Tujuannya adalah untuk menambah longgar memori penyimpanan internal smartphone Android pengguna.

Baca juga: Google Tolak Hapus Aplikasi Dikriminatif dari Play Store

Fitur ini pertama kali dijumpai oleh situs berbahasa Belanda, Android World. Dirangkum  KompasTekno, Selasa (14/5/2019), notifikasi akan muncul dengan tulisan "Remove unused apps for extra storage".

Dengan menekan notifikasi tersebut, akan memunculkan daftar aplikasi yang jarang dipakai pengguna. Masing-masing apikasi dalam daftar memiliki deskripsi, serta informasi kapan terakhr dibuka.

Dari sini, aplikasi yang kira-kira aman untuk dihapus bisa dipilih. Google Play Store kemudian akan menghitung berapa jumlah memori penyimpanan yang bisa dikosongkan.

Baca juga: Play Store Siapkan Instal Aplikasi Android Tanpa Antre

Aplikasi ini diharapkan Google bisa membantu mengosongkan memori ponsel Android yang mulai penuh. Namun belum diketahui kapan Google akan merilis secara resmi fitur ini untuk semua pengguna Android.

Tidak diketahui juga, berapa lama aplikasi tidak digunakan sebelum akhirnya masuk dalam kategori jarang dipakai.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X