Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di India, Ponsel Xiaomi Dijual Lewat "Vending Machine"

Kompas.com - 14/05/2019, 13:30 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com -Mesin penjual otomatis alias vending machine biasanya dipakai menjajakan makanan atau minuman. Tapi di India, dalam waktu dekat akan ditemukan mesin penjual yang menawarkan pernak pernik bermerek Xiaomi.

Itulah strategi baru yang diambil Xiaomi untuk memasarkan produknya di India.  Beberapa mesin jual otomatis bernama "Mi Express Kiosks" akan tersebar di beberapa titik area publik, seperti stasiun, bandara, taman teknologi, hingga pusat pebelanjaan.

Produk yang tersedia beragam. Mulai dari aksesoris seperti earphone, wearable device seperti Mi Band, dan ponsel. Produk-produk tersebut bisa langsung dibeli ke mesin Mi Express Kiosks tanpa perantara.

Baca juga: Xiaomi di India, Dulu Jadi Bahan Tawa Kini Meraja

Seperti di gerai offline atau platform online, pembelian via mesin otomatis ini bisa menggunakan kartu kartu kredit, kartu debit, uang tunai, atau melalui UPI (Unified Payments Interface), semacam mobile banking terpadu di India.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (14/5/2019), Xiaomi rencananya akan mulai menyebar mesin ini dakam beberapa bulan ke depan hingga akhirnya tersebar luas ke berbagai kota di India.

Cara ini menjadi salah satu strategi lain Xiaomi untuk memotong alur distribusi melalui pihak ketiga dan menjualnya langsung ke tangan pembeli.

Baca juga: Siap-siap, Harga Ponsel Xiaomi Bakal Makin Mahal

Xiaomi sendiri telah melakukan penjualan langsung ke pelanggan melalui situs online mi.com dan membuka gerainya sendiri yakni Mi Home.

Dengan tidak melibatkan perantara, Xiaomi tetap akan bisa menghemat biasa pemasaran, sehingga bisa menjual produknya dengan harga terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com