Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Kehilangan Sejuta Subscriber Dalam Sehari Gara-gara 1 Video

Kompas.com - 14/05/2019, 18:19 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - YouTuber kecantikan atau seringkali disebut beauty vlogger bernama James Charles, mendadak kehilangan 2 juta subscriber (pelanggan) di kanalnya. Bahkan, dia menjadi YouTuber pertama yang kehilangan 1 juta subscriber dalam waktu 24 jam saja. 

Musababnya adalah satu video berdurasi 43 menit berjudul "Bye Sister". Video itu diunggah oleh beauty vlogger lain bernama Tati Westbrooks yang isinya menyudutkan James Charles.

Tati Westbrooks dan James Charles memang sedang terlibat perselisihan, padahal keduanya berteman. Drama mereka pun terbawa ke hadapan jutaan subscriber masing-masing.

Baca juga: 10 YouTuber dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang 2018

Perselisihan dimulai April lalu, ketika Charles mengunggah video Instagram yang isinya terkesan mempromosikan sebuah produk vitamin rambut bernama Sugar Bear Hair yang merupakan pesaing utama produk vitamin rambut milik Westbrooks, yakni Halo Beauty.

Westbrook menganggap, keputuan Charles itu menunjukan betapa tidak setianya Charles dengan sahabatnya. "Ketika kamu bekerja sama dengan pesaing utamaku, itu sangat memalukan," sebut Westbrook dalam videonya.

Tati WestbrookYouTube Tati Westbrook
Sebelum perselisihan ini, keduanya merupakan teman akrab. Terlebih bagi Charles yang masih berusia 19 tahun, Westbrook adalah seorang mentor sekaligus sahabat. Keduanya saling kolaborasi mengulas segala macam jenis produk kecantikan dan ditonton oleh jutaan kali.

Baca juga: Tren Tidak Sehat di Kalangan YouTuber, Dibayar untuk Jatuhkan Kompetitor

Setelah video Westbrooks diunggah dan kini telah ditonton 38 juta kali, Charles mengunggah video permohonan maaf.

Namun, jumlah subscriber Charles terus menyusut dan hanya tersisa 13 juta saja saat ini. Beberapa selebriti Hollywood kenamaan seperti Miley Cyrus, Shawn Mendes, dan Kylie Jenner juga diketahui ikut meninggalkan kanal Charles.

Westbrook, disisi lain, justru menapatkan subscriber baru. Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (14/5/2019), kanal Westbrooks bertambah 3,5 juta dan kini mencapai 9,5 juta subscriber.

Drama antar YouTuber sudah lumrah

Perselisihan antara Charles dan Westbrook yang terbawa-bawa ke ranah publik bukan merupakan yang pertama di kalangan YouTuber.

Drama dan konflik semacam ini sudah sering terjadi dan malah menjadi salah satu tontonan favorit  sehingga bisa mendongkrak jumlah penonton. Tidak cuma di Hollywood, drama semacam ini juga sering terjadi di kalangan YouTuber Indonesia.

Banyak cara untuk saling menimpali komentar, bisa saja membuat video klarifikasi, video testimoni, atau juga membuat video diss track untuk menyudutkan lawan yang sedang "diajak" berselisih.

Baca juga: YouTube Kini Juga Mengukur Kualitas Konten Video

Video diss track pernah dilakukan oleh YouTuber kakak-beradik Jake dan Logan Paul untuk YouTuber lain yang saat itu sedang berselisih dengan mereka.

Namun, tak semua YouTuber setuju perselisihan pribadi mesti dibawa-bawa ke ruang publik. Felix Kjellberg, misalnya, menyayangkan video Westbrook yang mempermalukan Charles di muka umum.

Halaman:
Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com