Spotify Bikin Fitur Mirip Instagram Stories untuk Musisi

Kompas.com - 15/05/2019, 10:51 WIB
Ilustrasi SpotifyChristian Hartmann / Reuters Ilustrasi Spotify

KOMPAS.com - Spotify punya cara baru untuk menghubungkan musisi dan pendengarnya secara langsung, yakni melalui anyar fitur bernama "Storylines" yang sedang diuji coba.

Storylines mirip dengan Instagram Stories, hanya saja khusus diperuntukan bagi para musisi untuk membagikan cerita dibalik lirik lagu yang mereka buat.

Para musisi bebas menyampaikan fakta atau cerita yang mendasari dibuatnya lagu tersebut atau proses saat lagu itu diproduksi.

Baca juga: Spotify Lite Sudah Bisa Diunduh di Indonesia

Storyline akan berbentuk seperti kartu yang muncul secara pop-up saat lagu diputar. Apabila belum selesai membaca fakta dibalik lirik lagu, pengguna bisa menahan layar agar kartu Storyline tidak hilang.

Fitur Storylines di SpotifyAndroid Police Fitur Storylines di Spotify
Kartu Storyline bisa memuat teks, lirik yang menjadi sorotan, maupun gambar. Pengguna juga bisa membaca cerita selanjutnya dengan mengetuk kartu di tempat tertentu. Sementara untuk menutup pop-up Storyline, bisa dilanjutkan dengan mengetuk sebelah kiri kartu.

Fitur ini kabarnya mulai bisa didapatkan melalui pembaruan aplikasi ke versi 8.5.5.853, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Rabu (15/5/2019). Akan tetapi, fitur ini masih terbilang sangat baru, sehingga belum banyak musisi yang memanfaatkannya.

Baca juga: Sudah Bisa Diunduh, Ini Bedanya Spotify Lite dengan Versi Standar

Mungkin perlu sedikit waktu agak lama bagi para artis untuk memanfaatkan fitur Storyline ini. Sebenarnya, Spotify sudah memiliki fitur cerita di balik lirik lagu yang bekerja sama dengan situs database lirik lagu Geniuis.

Fitur tersebut bernama "behind the lyrics", yang juga akan menampilkan cerita di balik pembuatan sebuah lagu atau fakta-fakta menarik seputar musisi yang sedang dimainkan.

Beberapa lirik yang menjadi sorotan juga akan dijelaskan maknanya dengan mengambil referensi dari sumber pihak ketiga seperti situs berita.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X