Skor DxOMark OnePlus 7 Pro Pepet Huawei P30 Pro dan Galaxy S10 5G

Kompas.com - 15/05/2019, 14:14 WIB
One Plus 7 ProThe Verge One Plus 7 Pro

KOMPAS.com - Situs benchmarking kamera, DxOMark merilis ulasan kamera flagship OnePlus 7 Pro yang baru saja diperkenalkan di London, Selasa (15/5/2019) waktu setempat.

OnePlus 7 Pro memperoleh skor total 111 poin, terpaut satu poin saja dari Huawei P30 Pro yang duduk di posisi teratas dan Samsung Galaxy S10 5G di urutan kedua.

Sebagai ponsel high end terbaru dari pembuatnya, OnePlus 7 Pro dibekali tiga kamera belakang. Kamera utama beresolusi 48 MP menggunakan sensor Sony IMX586 dengan lensa berbukaan f/1.6.

Baca juga: OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro Resmi Meluncur

kemudian ada kamera telephoto 8 MP dengan kemampuan zoom 3x (f/2.4), dan kamera ultra wide 16 MP (f/2.2). Di depan tersemat kamera selfie 16 MP (f/2.0).

DxOMark menyebutna bahwa,  secara keseluruhan, hasil kamera OnePlus 7 layak diacungi jempol. Kamera ponsel ini memiliki dynamic range yang luas yang bisa tetap mempertahankan cahaya dan juga bayangan secara detail.

Pengukuran exposure juga meyakinkan, begitu pula kontras gambar yang disebut tetap baik di segala kondisi pencahayaan.

Pujian turut diberikan untuk hasil warna, terutama di luar ruangan yang cukup cahaya, di mana white balance tetap imbang, saturasi warna juga tetap kuat dan warna yang dihasilkan juga disebut lebih cerah.

Skor DxOMark One Plus 7 ProDxOMark Skor DxOMark One Plus 7 Pro

Dalam kondisi cukup cahaya, noise tidak tampak terlihat. Berbeda dengan kondisi minim cahaya yang mulai tampak sedikit noise di hasil jepretan. Untuk hasil foto bokeh, OnePlus 7 Pro masih di bawah Galaxy S10 5G maupun Huawei P30 Pro.

Kendati demikian, gambar masih akan mendapatkan efek kedalaman yang cukup baik, secara keseluruhan cukup akurat untuk menangkap fokus subyek dan tampak lebih natural. Hasil optical zoom OnePlus 7 Pro juga dilaporkan berkualitas baik.

Baca juga: Huawei P30 Pro Sabet Gelar Ponsel Berkamera Terbaik dari DxOMark

Namun ketika masuk di rentang jarak zoom  medium, mulai tampak noise dan saturasi warna yang dihasilkan agak menurun, ketimbang bidikan standar. Kualitas gambar semakin buruk saat rentang jarak semakin jauh.

DxOMark One Plus 7 Pro untuk foto dan video DxOMark One Plus 7 Pro untuk foto dan video

Video

Beranjak ke video, OnePlus 7 Pro dinilai DxOMark memiliki autofokus yang baik sehingga bisa memastikan ketajaman gambar dan video menjadi lebih detail. Namun, DxOMark memberi catatan untuk sistem stabilisasi yang agak kurang efisien dalam mengurangi goyangan.

Exposure video yang dihasilkan cerah dan kuat, namun justru di beberapa perekaman, cahaya menjadi redup. Selain itu, dynamic range juga agak terbatas di lingungan dengan kontras yang tinggi.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X