Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Polisi di India yang Dilarang Main PUBG Mobile

Kompas.com - 17/05/2019, 14:03 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber digit.in

KOMPAS.com - Pemerintah India kian gencar melarang masyarakatnya bermain game PUBG Mobile. Setelah siswa, kali ini giliran aparat penegak hukum di India yang tidak diperbolehkan bermain PUBG Mobile. 

Kepolisian Pusat India (CRPF), melalui sebuah surat edaran, telah menginstruksikan kepada para anggotanya untuk tidak ikut bermain game PUBG Mobile.

Menurut laporan, pihak kepolisian menemukan bahwa permainan ini bisa membuat kecanduan dan akan memengaruhi kemampuan operasional para anggota kepolisian.

"Semua deputi harus memastikan dan menginstruksikan semua unit untuk menghapusnya/menonaktifkan aplikasi semacam itu dari ponsel mereka," tulis Kepolisian India dalam edaran tersebut.

Selain berpengaruh pada kondisi fisik, game ini juga dianggap memberi dampak buruk pada kondisi mental si pemain.

Baca juga: Terlalu Asyik Main PUBG, 16 Mahasiswa India Ditangkap Polisi

Bahkan menurut seorang pejabat kepolisian setempat, PUBG Mobile juga menyebabkan anggota polisi jadi kurang bersosialisasi dengan dunia luar serta perilaku pemain menjadi lebih agresif dan emosional.

"Rupanya, beberapa anggota polisi junior sampai mengisolasi diri mereka dari dunia nyata. Ini berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental," ungkap salah satu anggota kepolisian tersebut.

"Banyak dari mereka kemudian berhenti bersosialisasi dengan sesama anggota. Game ini juga menyebabkan pemainnya terkena gangguan tidur karena berkurangnya aktivitas fisik," kata seorang pejabat kepolisian lainnya.

Surat edaran ini dikeluarkan pihak Kepolisian India pada tanggal 6 Mei lalu. Dalam surat tersebut, pihak kepolisian juga akan mengatakan akan memeriksa ponsel milik personel secara acak, untuk memastikan game tersebut benar-benar dihapus dan tak dimainkan lagi.

"Semua pimpinan personel akan memastikan bahwa aplikasi ini telah dihapus di semua telepon milik anggota dan pemeriksaan secara acak akan dilakukan," tertulis dalam edaran tersebut.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenal Fenomena PUBG

Dikutip KompasTekno dari Digit.in, Jumat (17/5/2019), ini bukan pertamakalinya game PUBG Mobile dilarang di India. Beberapa waktu lalu PUBG Mobile juga diblokir di wilayah kota Rajkot, distrik Gujarat di Bhavnagar serta Gir Somnath.

Bahkan menurut laporan, ada sepuluh pemain yang ditangkap kepolisian karena bermain PUBG Mobile di tempat-tempat umum seperti bioskop dan kampus.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber digit.in


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com