Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 17/05/2019, 15:41 WIB

KOMPAS.com - China akhirnya menutup Wikipedia dalam semua bahasa setelah versi Bahasa Mandarin ditutup pada 2015 silam.

Lembaga The Open Observatory of Network Interference (OONI) melaporkan, pemblokiran Wikipedia dalam semua bahasa ini telah dilakukan bulan lalu. Namun, Wikipedia Foundation mengaku tidak menerima pemberitahuan sebelumnya soal hal itu.

"Akhir April lalu, Wikimedia Foundation menemukan bahwa Wikipedia tidak bisa diakses di China. Setelah menganalisis laporan trafik internal kami, kami mengonfirmasi bahwa Wikipedia dalam semua bahasa saat ini telah diblokir," jelas Wikimedia.

Diketahui, Wikipedia mengubah alamat situsnya menjadi "HTTPS" pada 2015. Perubahan ini membuat situs menjadi susah diawasi pemerintah China yang terkenal ketat dalam mengawasi gerak-gerik situs dan aplikasi asing, khususnya buatan barat.

Belum diketahui apa alasan pemerintah China memperluas pemblokiran Wikipedia ke semua bahasa.

Baca juga: PUBG Mobile Dirilis Ulang Jadi Game Tanpa Darah di China

Namun menurut Tech Spot, dilansir KompasTekno, Jumat (17/5/2019), pemblokiran ini kemungkinan dilakukan menyambut 30 tahun tragedi pembantaian lapangan Tiananmen pada tahun 1989 lalu.

Kejadian ini menewaskan ratusan mahasiswa dan sipil pro-demokrasi yang menekan pemerintah kala itu untuk mereformasi kebebasan informasi. Dari tragedi inilah, pemerintah China justru membatasi ruang gerak media sing untuk meliput kejadian di China daratan.

Hingga saat ini, pemerintah China terus membatasi informasi dari luar di negaranya. Salah satu oprator terbesar di sana, diminta untuk menonaktifkan VPN untuk mengatur para warganya yang masih "nakal" mengakses aplikasi atau situs asing.

Bahkan, menurut laporan Engadget, beberapa pengguna Twitter ilegal - menggunakan VPN - di sana yang menyuarakan kritikan ke pemerintah, kabarnya juga mendapat tekanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Tech Spot


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke