Facebook Kini Utamakan Kabar Teman Dekat di Linimasa

Kompas.com - 19/05/2019, 11:16 WIB
Ilustrasi Facebook The telegraphIlustrasi Facebook

KOMPAS.com - Facebook lagi-lagi merombak algoritma linimasanya. Kali ini Facebook memprioritaskan dua hal, yakni dari orang-orang dekat dan tautan yang dirasa pengting bagi pengguna. Perubahan ini tak lain dilakukan untuk membuat linimasa Facebook menjadi lebih personal.

"Kami mengumukan dua pembaruan teratas berdasarkan survei, pertama memprioritaskan teman yang ingin didengar kabarnya, dan tautan yang mungkin dianggap penting oleh pengguna," tulis Facebook dalam keterangan resminya.

Facebook memang sempat dibanjiri kritik dari penggunanya. Jejaring sosial ini diniliai lebih  memprioritaskan konten dari laman dan brand ketimbang teman-teman dunia maya yang mereka pedulikan.

Facebook mengatakan menggunakan beragam metode untuk menentukan siapa teman dekat dan konten apa yang penting bagi pengguna. Salah satunya adalah dengan melacak siapa yang paling sering berinteraksi dengan pengguna.

Baca juga: Pendiri Sebut Facebook Harus Dipecah, Ini Tanggapan Zuckerberg

Semua informasi ini akan dimasukkan ke dalam sistem, dan digunakan untuk mengidentifikasi siapa "teman dekat". Hasilnya, unggahan atau kabar terbaru dari akun yang dianggap sebagai "teman dekat" tadi akan muncul di linimasa teratas.

"Tapi bukan berarti linimasa akan terbatas pada unggahan dari orang-orang tertentu saja dan bukan berarti Anda tidak bisa melihat konten lebih dari teman-teman lainnya," tulis Facebook.

Algoritma baru juga akan memprioritaskan tautan konten yang dianggap paling relevan dengan pengguna. Ketentuan ini diukur berdasarkan penggunaan Facebook dan riwayat preferensi sebelumnya.

Survei internal Facebook kabarnya telah dilakukan April lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dark News18, Minggu (19/5/2019). Kemudian hasilnya baru diimplemetasikan ke dalam algoritma linimasa mulai sekarang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X