Daftar Aplikasi yang Terbanyak Diunduh di Android dan iOS

Kompas.com - 20/05/2019, 10:26 WIB
Ilustrasi Google Play StoreYoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Ilustrasi Google Play Store

KOMPAS.com - Aplikasi berbagi video asal China, TikTok berhasil menjadi aplikasi  yang paling populer di platform iOS sepanjang kuartal I/2019. Sementara aplikasi pesan instan WhatsApp menjadi yang terpopuler di Android.

Berdasar laporan terbaru yang dirilis oleh Sensor Tower, aplikasi TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh di platform iOS selama lima kuartal berturut-turut.

Jumlah unduhan TikTok di App Store sepanjang Januari hingga Maret 2019 lalu disebut mencapai 33 juta. Aplikasi terpopuler kedua di platform iOS adalah YouTube.

Kemudian disusul oleh Instagram, WhatsApp, dan Messenger yang melengkapi lima aplikasi teratas di iOS.

Sementara di platform Android, TikTok harus menyerahkan tahtanya kepada WhatsApp. Aplikasi pesan instan milik Facebook itu diunduh 199 juta kali  meraja sepanjang kuartal I/2019.

Aplikasi terpopuler berikutnya di platform Android secara berturut-turut adalah Messenger, TikTok, Facebook, dan Instagram.

Meski bukan aplikasi nomor satu di Android, namun TikTok meraup 88,6 juta pengguna baru di OS robot hijau itu sepanjang kuartal I/2019. Angka itu naik 8,2 kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu.

Kiprah TikTok sendiri di India tidak mulus. Sama dengan di Indonesia, aplikasi berbagi video itu sempat diblokir oleh pemerintah setempat akibat konten ilegal, termasuk pornografi, pada April lalu.

Dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Senin (20/5/2019), blokir TikTok sendiri kini telah dicabut oleh pemerintah India.

Baca juga: TikTok Jadi Sarana Baru Musisi Populerkan Lagu

Sensor Tower juga menyoroti aplikasi baru yang meraih popularitas tinggi, salah satunya adalah YouTube Kids.

Jumlah unduhan plikasi video khusus konten untuk anak-anak itu meningkat 291 persen per kuartal, dengan 29 juta download di Google Play Store.

Untuk melihat daftar aplikasi terpopuler di Android dan iOS sepanjang kuartal I/2019, kunjungi halaman Sensor Tower di tautan berikut ini.




Close Ads X