Begini Tampilan Iklan yang Akan Muncul di WhatsApp Tahun Depan

Kompas.com - 23/05/2019, 20:38 WIB
Ilustrasi WhatsAppPhoneArena Ilustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Sejak mengakuisisi WhatsApp tahun 2014 silam, Facebook memang sudah gatal ingin memonetisasi aplikasi pesan instan itu. Tapi niat bisnis tersebut ditolak mentah-mentah oleh pendiri WhatsApp, Jan Koum dan Brian Acton.

Rencana memonetisasi WhatsApp kembali muncul setelah dua orang tersebut hengkang dari Facebook beberapa waktu lalu. Facebook berencana mulai melakukan monetisasi WhatsApp pada tahun 2020 dengan menyisipkan iklan.

Baca juga: Tahukah Anda Siapa Raksasa Iklan Pemilik WhatsApp?

Pengumuman itu disampaikan dalam acara Facebook Marketing Summit (FMS) 2019 yang berlangsung di Berlin, Jerman.  Sebagai debut, iklan akan mulai muncul di WhatsApp Status yang fungsinya mirip Stories di Instagram atau Facebook.

Pengulas aplikasi Matt Navara membagikan penampakan iklan apabila muncul di WhatsApp melalui akun Twitternya. Dalam unggahannya, tampak konten iklan yang akan memenuhi layar Status di WhatsApp.

Penampakan iklan di WhatsAppTwitter/Olivier Ponteville Penampakan iklan di WhatsApp
Nantinya, di sisi bawah akan muncul ikon "swipe-up" mirip di Instagram Stories yang akan megarahkan ke situs pengiklan. Nama perusahaan yang beriklan akan muncul di WhatsApp Status, seperti halnya nama kontak.

Facebook juga membuat alternatif untuk menempatkan iklan di tengah beranda "chat". Dalam acara yang sama, Facebook mengumumkan aakan membuat format baru untuk WhatsApp Business, dilansir KompasTekno dari Gizmo China, Kamis (23/5/2019).

Baca juga: Ingkar Janji Mark Zuckerberg Kepada WhatsApp, Instagram, dan Messenger

Format ini memungkinkan pengguna untuk melihat pesan teks dan gambar dalam format PDF.
Facebook juga akan mengintegrasikan katalog produk WhatsApp dengan katalog iklan produk Facebook yang saat ini sudah ada.

Dengan begitu, pengguna atau konsumen bisa mengirim pesan tentang produk sambil melihat-lihat katalog.




Close Ads X