Penjualan Honor 20 Pro Terancam Molor Karena Masalah "Blacklist" Huawei

Kompas.com - 24/05/2019, 15:27 WIB
Honor 20 Pro. KOMPAS.com/ BILL CLINTENHonor 20 Pro.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com Honor 20 Pro diresmikan lewat acara peluncuran di London, Inggris, pekan ini. Rilisnya dijadwalkan pada Juli mendatang, tapi belakangan muncul informasi bahwa Honor akan menunda penjualan Honor 20 Pro.

Sebabnya, menurut sebuah laporan yang belakangan beredar, Honor ternyata belum menyelesaikan proses sertifikasi dengan Google saat pemerintah AS memasukkan Huawei ke dalam blacklist perdagangan.

Perusahaan yang termasuk dalam "daftar hitam" bernama entity list itu dilarang membeli komponen dalam bentuk apapun dari perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah AS. 

Baca juga: Huawei masuk "Blacklist" Amerika Serikat

Artinya, ada kemungkinan Honor 20 Pro hadir tanpa Google Play Store atau aplikasi-aplikasi Google lainnya. Hal tersebut tentu berpotensi mengurangi daya tariknya di mata konsumen.

Pasalnya untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut, Huawei harus melakukan perjanjian komersil bersama Google. Hal itu tentu saja bertentangan dengan aturan pemerintah AS yang telah memasukkan nama Huawei beserta 70 perusahaan lainnya ke dalam blacklist.

Daripada begitu, Honor pun dikabarkan menunda penjualan Honor 20 Pro. Kampanye pemasarannya juga dimundurkan beberapa pekan ke akhir Juni. 

Menurut laporan yang dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (24/5/2019), masih belum ada kejelasan kapan Honor 20 Pro akan dirilis. Ketika coba dikonfirmasi, pihak Honor hanya mengatakan akan memberitahu apabila sudah ada kepastian. 

Baca juga: Google Cabut Lisensi Android Huawei, Bagaimana Nasib Honor?

Sebagai sub-brand Huawei, Honor memang terpengaruh secara langsung oleh apapun yang terjadi pada Huawei. 

Lini ponsel Honor 20 sejatinya sudah diperkenalkan pada 22 Mei 2019 kemarin di London. Dalam acara tersebut ada tiga seri Honor 20 yang dirilis yakni Honor 20 reguler, Honor 20 lite, dan Honor 20 Pro. 

Meski ketiganya telah diperkenalkan, baru Honor 20 Lite saja yang diungkap harga serta ketersediannya kepada publik. Honor membanderol Honor 20 Lite seharga 299 Euro atau sekitar Rp 4,8 juta. 

Baca juga: Smartphone Honor 20, Honor 20 Pro, dam Honor 20 Lite Resmi Meluncur

Honor 20 Lite adalah satu-satunya anggota seri ponsel Honor 20 yang sudah bisa dipesan di situs online store Honor. Sementara, Honor 20 Pro dan Honor 20 akan menyusul belakangan yang direncanakan akan mulai tersedia pada Juni mendatang.

Berbeda dari Honor 20 Pro, Honor 20 sudah mendapat sertifikasi Google sebelum Huawei masuk blacklist AS. Honor 20 pun tak bermasalah dengan software Google dan bisa dirilis sesual jadwal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X