Persiapan XL untuk 2,5 Juta Pelanggan yang Mudik Keluar Jakarta

Kompas.com - 25/05/2019, 10:43 WIB
Logo XL AxiataKOMPAS.com/ OIK YUSUF Logo XL Axiata
JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang musim mudik Lebaran 2019, operator-operator seluler menerapkan antisipasi kenaikan trafik jaringan. Tak terkecuali XL Axiata yang memperkirakan peningkatan trafik sekitar 20 persen.
 
Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan pihaknya telah memastikan kapasitas jaringan akan sanggup unutk mengakomodir kebutuhan pelanggan selagi mudik.
 
“Kami sudah pasang lebih dari 1.700 BTS. Totalnya, bagian dari rollout kami, lebih dari 10.000 BTS, ujar Yessie ketika ditemui usai acara buka puasa bersama di kantor XL Axiata di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Baca juga: XL Luncurkan Axis Owsem, Paket Khusus untuk Gaming

 
Yessie mengklaim bahwa sinyal 4G LTE XL sudah mencakup 97 persen jalur mudik Trans Jawa hingga Probolinggo, Jawa Timur. Sementara, untuk jalur kereta api, Yessie mengatakan sebanyak 93 persen sudah tercakup sinyal 4G LTE XL.
 
“Duduk di kereta atau mobil no problem, pasti di-cover LTE. Kami juga meningkatkan kapasitas upstream internet 1,5 kali. Kami siapkan dua exchange di Singapura dan Australia,” lanjut dia.
 
Diperkirakan sebanyak 2,5 juta pelanggan XL akan keluar dari Jakarta pada musim mudik Lebaran tahun ini. 
 
Untuk mengantisipasi hal tersebut, XL akan mengalokasikan kapasitas jaringan secara dinamis, tergantung daerah yang sedang membutuhkan.
 
Yessie memperkirakan layanan voice dan SMS XL tak akan mengalami kenaikan signifikan selama musim mudik Lebaran, kalaupun meningkat. 
 
Sebagian besar trafik akan berasal dari layanan data. Terlebih dengan semakin maraknya penggunaan layanan OTT untuk bersllaturahmi.

Baca juga: Begini Cara "Video Call" Berempat Sekaligus dengan WhatsApp

 
Dia mencontohkan layanan pesan instan WhatsApp yang disebut mengalami kenaikan trafik data semenjak menghadirkan fitur perbincangan via video, khususnya group video call. 
 
“Mungkin video call WhatsApp bisa berefek ke trafik data nanti, apabila digunakan untuk silaturahmi,” pungkas Yessie. 




Close Ads X