"PUBG Mobile" Dimainkan 100 Juta Orang Per Bulan, Indonesia Terbesar Kedua

Kompas.com - 26/05/2019, 09:08 WIB
Ilustrasi Oliver Ye, PUBG Mobile Marketing Director SEAPUBG Mobile Ilustrasi Oliver Ye, PUBG Mobile Marketing Director SEA

JAKARTA, KOMPAS.com - Tencent mengklaim sudah memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan di game Player's Unknown Battleground Mobile ( PUBG Mobile). Mereka juga mengklaim bahwa jumlah pemain terbanyak kedua berasal dari Indonesia.

"Saat ini, PUBG Mobile memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif tiap bulannya di seluruh dunia," kata Oliver Ye, PUBG Mobile Marketing Director Asia Tenggara, dalam acara yang digelar PUBG Mobile di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

"Indonesia menjadi negara nomor dua pengguna bulanan terbanyak," klaim Ye.

Meski begitu, ia tidak membeberkan berapa jumlah pengguna aktif bulanan PUBG Mobile di Indonesia secara rinci. Ia hanya mengatakan Indonesia merupakan pasar yang penting dan besar bagi PUBG Mobile.

Hadirkan turnamen dan konten lokal

Untuk menggaet minat para pemain game di Indonesia, yang merupakan pasar besar bagi PUBG Mobile, pihaknya terus mengadakan turnamen rutin untuk para pemain, baik amatir maupun profesional.

Baca juga: PUBG Mobile Dirilis Ulang Jadi Game Tanpa Darah di China

Selain itu, pihak PUBG Mobile juga menghadirkan berbagai konten game (in-game content) bernuansa lokal, demi mendekatkan game dengan para pemainnya, terutama di Tanah Air.

“Program ini kami dedikasikan untuk menciptakan lokalisasi di game kami, salah satunya memperkenalkan budaya lokal Indonesia ke dunia,” ujar Ye.

Beberapa konten lokal di dalam game ini diwujudkan dalam rangkaian koleksi kostum yang bisa digunakan para pemain untuk berperang di dalam game, seperti kemeja batik, baju merah putih, baju khas adat Betawi (Pangsi), hingga topeng ondel-ondel.

Ilustrasi konten game Pangsi di dalam PUBG MobileBill Clinten/Kompas.com Ilustrasi konten game Pangsi di dalam PUBG Mobile

Turut gaet Kepolisian Indonesia

Menyambut momen Ramadhan dan Mudik Lebaran ini, Tencent juga bekerja sama dengan pihak kepolisian Indonesia untuk membuat pop-up booth, atau posko mudik bertema game. Posko tersebut akan dibuka di berbagai area yang ramai dilewati pemudik.

"Kami sangat senang sekali dalam waktu dekat akan bekerja sama dengan polisi Indonesia dengan menghadirkan posko mudik," kata Ye.

Ilustrasi Posko Mudik PUBG kerja sama dengan Kepolisian IndonesiaPUBG Mobile Ilustrasi Posko Mudik PUBG kerja sama dengan Kepolisian Indonesia

Di posko mudik ini, para pemudik bisa beristirahat dan menikmati suasana booth yang sarat akan elemen-elemen game yang ada di dalam PUBG Mobile. Mereka juga bisa memainkan mini-game bertemakan PUBG.

Baca juga: PUBG Mobile Mulai Batasi Waktu Bermain Maksimal 6 Jam

Tak hanya itu, para pemudik juga bisa bermain game PUBG Mobile melalui perangkat-perangkat yang sudah disediakan di dalam booth.

Kendati begitu, belum diketahui secara pasti daerah mana saja yang akan disambangi posko mudik ala PUBG ini.

Tencent hanya mengatakan bahwa posko mudik ini bakal hadir di empat titik jalur mudik di Pulau Jawa dalam waktu dekat. Kita tunggu saja kehadirannya.




Close Ads X