4.000 BTS Telkomsel Jaga Sinyal Pemudik di Jalur Jabotabek-Jabar

Kompas.com - 28/05/2019, 08:02 WIB
Ket. Foto: (Ki-Ka) Agus Mulyadi, VP Sales and Marketing Telkomsel Jabotabek Jabar; Ririn Widaryani, Executive Vice President (EVP) Telkomsel Jabotabek Jabar; Juanita Erawati, VP ICT Network Management Telkomsel Jabotabek Jabar; dan
Medda Heptriasti, VP Business Support Telkomsel Jabotabek Jabar; saat membeberkan kesiapan jaringan Telkomsel di Jabotabek - Jabar di Bandung, Senin (27/5/2019).
Bill Clinten/Kompas.comKet. Foto: (Ki-Ka) Agus Mulyadi, VP Sales and Marketing Telkomsel Jabotabek Jabar; Ririn Widaryani, Executive Vice President (EVP) Telkomsel Jabotabek Jabar; Juanita Erawati, VP ICT Network Management Telkomsel Jabotabek Jabar; dan Medda Heptriasti, VP Business Support Telkomsel Jabotabek Jabar; saat membeberkan kesiapan jaringan Telkomsel di Jabotabek - Jabar di Bandung, Senin (27/5/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Telkomsel Regional Jabotabek-Jabar menyatakan kesiapannya dalam menghadapi lonjakan trafik pada masa Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2019.

Kesiapan tersebut diraih setelah meakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas jaringan yang lebih besar.

Dalam menghadapi RAFI tahun ini, sebanyak 4.624 BTS Telkomsel tercatat telah mencakup jalur mudik dan titik-titik keramaian atau Point of Interest (POI) yang ada di sepanjang Jabotabek-Jabar.

Dari sekitar 4.624 BTS itu, Telkomsel Area Jabotabek Jabar telah mengoptimalisasi 1.373 BTS dan juga memasang 12 COMBAT (Compact Mobile Base Transceiver) tambahan, sehingga total ada 30 COMBAT yang siap melayani lonjakan trafik pada momen RAFI 2019.

Baca juga: Menguji Internet Telkomsel di Ruas Tol Tengerang-Merak

Optimasi BTS serta pemasangan COMBAT ini sendiri dilakukan di sepanjang jalur mudik dan titik keramaian seperti jalur tol, rest area, pelabuhan, terminal, mall, rumah ibadah dan tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi.

"Untuk tahun 2019 ini, seperti biasa kami menyiapkan network di jalur (tol) dari Jakarta ke jalur selatan ke Bandung, hingga ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Juanita Erawati, VP of ICT Network Management Area Jabotabek Jabar Telkomsel, kepada KompasTekno di acara yang digelar Telkomsel di Bandung, Senin (27/5/2019).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena perkiraan kami, pelanggan daerah Jabotabek - Jabar bakal banyak yang akan mudik lewat jalur tol," imbuhnya.

Dengan begitu, pelanggan operator seluler plat merah yang ingin mudik via jalur tol Trans Jawa dipastikan akan bisa menggunakan layanan komunikasi Telkomsel dengan lancar.

Tidak hanya di jalur tol saja, layanan Telkomsel di pelabuhan Merak serta bandara-bandara di Jabotabek Jabar juga sudah dioptimasi sehingga bisa digunakan secara maksimal oleh para pemudik.

Di sisi lain, di momen Ramadhan & Idul Fitri (RAFI) tahun 2019 ini, Telkomsel area Jabotabek Jabar memperkirakan akan terjadi lonjakan data atau payload yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun lalu.

Baca juga: 5 Cara Ganti Kartu SIM Lama ke 4G Telkomsel

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.