Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Gaming Akan Ditutup Akhir Bulan Ini

Kompas.com - 28/05/2019, 11:53 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Setelah digabungkan dengan layanan YouTube reguler pada akhir 2018 lalu, Google akhirnya akan menutup layanan YouTube Gaming secara permanen. Layanan khusus para penikmat game ini bakal dinonaktifkan terhitung tanggal 30 Mei mendatang.

Hal tersebut dilakukan karena YouTube Gaming kian sepi peminat. Sebagian besar pengguna, telah beralih ke layanan YouTube reguler untuk membuat dan menonton seluruh konten yang berhubungan dengan game.

Menurut Google, setelah layanan ini dinonaktifkan, aplikasi seluler YouTube Gaming dan situs web terkait akan berhenti berfungsi dan tidak akan dapat diakses kembali.

Baca juga: YouTube Akan Ubah Format Jumlah "Subscriber"

Khusus untuk halaman web yang beralamatkan di gaming.youtube.com, akan dialihkan ke halaman www.youtube.com/gaming.

"Aplikasi YouTube Gaming akan hilang pada 30 Mei, tapi Anda akan tetap dapat menemukan semua video dari game favorit Anda di halaman utama YouTube," tulis pihak YouTube.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5google, Selasa (28/5/2019), awalnya, Google akan menontaktifkan layanan tersebut pada bulan Maret lalu. Namun tidak diketahui alasannya mengapa Google kemudian sedikit memperpanjang usia layanan ini.

YouTube sendiri mengklaim setiap harinya ada 200 juta pengguna yang menonton konten game. Angka itu sama dengan jumlah penduduk Brasil. Akan tetapi, mereka tak menonton via aplikasi khusus YouTube Gaming.

Setelah layanan YouTube Gaming dinonaktifkan, pengguna masih akan tetap dapat mengakses beragam konten game yang mereka sukai melalui halaman utama YouTube.

Baca juga: Infografik 14 Tahun YouTube Hadir dan Menghibur Dunia

Caranya, ketika Anda membuka aplikasi YouTube, buka tab “Trending” di sisi kiri, lantas Anda bakal menemukan ikon “Gaming” di sisi atas.

Anda juga bisa langsung membuka alamat https://www.youtube.com/gaming di peramban untuk langsung masuk ke topik Gaming. Ketika masuk, Anda juga disodorkan beberapa kategori untuk mempermudah penelusuran.

YouTube Gaming sendiri saat ini kalah bersaing dengan layanan streaming Twitch. Setelah dinyatakan akan dimatikan, layanan YouTube Gaming semakin kehilangan popularitasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com