Telkomsel Siapkan Jaringan di Jalur Kereta ke Bandung dan Jawa Tengah

Kompas.com - 28/05/2019, 13:09 WIB
Juanita Erawati, VP of ICT Network Management Telkomsel Jabotabek Jabar, saat membeberkan kesiapan jaringan Telkomsel di wilayaj Jabotabek - Jabar di Bandung, Senin (27/5/2019) KOMPAS.com/Bill ClintenJuanita Erawati, VP of ICT Network Management Telkomsel Jabotabek Jabar, saat membeberkan kesiapan jaringan Telkomsel di wilayaj Jabotabek - Jabar di Bandung, Senin (27/5/2019)
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

BANDUNG, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel bersiap menghadapi momen Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini.

Selain mempersiapkan dan mengoptimalkan jaringan di sepanjang jalur tol dan beberapa titik mudik lain secara rutin tiap tahunnya, Telkomsel Region Jabotabek Jabar kini juga memaksimalkan jaringan di jalur kereta api.

"Bedanya di tahun ini dengan tahun lalu itu sekarang jalur kereta benar-benar kami persiapkan," ujar Juanita Erawati, VP ICT Network Management, saat membeberkan kesiapan jaringan Telkomsel di Jabotabek Jabar di Bandung, Senin (27/5/2019).

Baca juga: Samsung dan Telkomsel Tawarkan Cicilan Galaxy A10

Juanita kemudian mengatakan, 95,32 persen dari jalur kereta api dari Jakarta ke arah Bandung hingga Jawa Tengah dan rute sebaliknya sudah tercakup oleh jaringan 4G LTE Telkomsel.

Ia juga mengklaim bahwa 94,23 persen dari jalur kereta memiliki penerimaan sinyal Telkomsel cukup baik yang didefinisikan sebagai indikator sinyal ponsel menunjukkan dua hingga empat bar.

Ilustrasi jaringan Telkomsel di Jalur Kereta Trans JawaBill Clinten/Kompas.com Ilustrasi jaringan Telkomsel di Jalur Kereta Trans Jawa

Sementara, 5,77 persennya merupakan jalur kereta dengan cakupan jaringan yang memiliki penerimaan sinyal lemah (satu bar) lantaran minim populasi.

Baca juga: 4000 BTS Telkomsel Jaga Sinyal Pemudik di Jalur Jabotabek-Jabar

Di sepanjang jalur kereta ini pula, berdasarkan uji coba jaringan yang dilakukan oleh Telkomsel, pelanggannya bisa menikmati layanan internet dengan kecepatan unduh rata-rata hingga 6,49 Mbps, dengan kecepatan maksimal hingga 104 Mbps di titik tertentu.

"Untuk uji kecepatan internetnya (jalur kereta), angka rata-ratanya itu 6,49 Mbps, kalau untuk chatting itu sudah cukup berlebih," kata Juanita.

Selain jalur kereta, Telkomsel juga mempersiapkan jaringan di jalur mudik melalui moda transportasi lain yang mengarungi Selat Sunda, yaitu dengan kapal laut.

Meski jalur ini bukan merupakan jalur darat, sepanjang perjalanan dari Pelabuhan Merak hingga Bakauheni, jaringan Telkomsel diklaim bisa digunakan dengan cukup baik.

Baca juga: Menguji Internet Telkomsel di Ruas Tol Tangerang-Merak

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X