Pantau Lalu-lintas Jalur Mudik Bisa Pakai MaxStream

Kompas.com - 28/05/2019, 14:10 WIB
Aplikasi video on demand MAXstream dari Telkomsel. TelkomselAplikasi video on demand MAXstream dari Telkomsel.

BANDUNG, KOMPAS.com - Jelang Haru Raya Idul Fitri 1440 H, Telkomsel menghadirkan sejumlah layanan untuk membantu pelanggannya melakukan tradisi mudik.

Salah satunya dengan menghadirkan layanan streaming kamera lalu lintas (CCTV) di dalam aplikasi video-on-demand (VoD) besutan Telkomsel, Maxstream.

"Di Maxstream, kini pengguna bakal bisa melihat CCTV, dimana pengguna bisa tahu apa yang terjadi (lalu lintas) di beberapa titik persimpangan," ujar Agus Mulyadi, VP of Sales and Marketing Telkomsel Jabotabek Jabar, kepada KompasTekno di acara yang digelar Telkomsel di Bandung, Senin (27/5/2019).

Fitur CCTV di aplikasi Maxstream ini sendiri merupakan hasil kerja sama Telkomsel dengan pihak kepolisian lalu lintas (Korlantas).

"Fitur CCTV juga termasuk kerja sama dengan kepolisian karena ini (Konten CCTV) juga diminta oleh mereka," kata Agus.

Agus kemudian menambahkan, setidaknya ada 24 kamera lalu lintas yang tersebar di beberapa persimpangan di berbagai pelosok Tanah Air, di mana 6 di antaranya berada di wilayah Jabotabek dan Jabar.

Baca juga: Telkomsel Perkenalkan Aplikasi Video Streaming MAXstream

VP Sales and Marketing Telkomsel Jabotabek Jabar, Agus Mulyadi, saat membeberkan layanan RAFI 2019 kepada para awak media di acara Telkomsel di Bandung, Senin (27/5/2019)KOMPAS.com/Bill Clinten VP Sales and Marketing Telkomsel Jabotabek Jabar, Agus Mulyadi, saat membeberkan layanan RAFI 2019 kepada para awak media di acara Telkomsel di Bandung, Senin (27/5/2019)
Di kawasan Jabotabek Jabar sendiri, kamera lalu lintas yang bisa dipantau melalui Maxstream dipasang di kawasan Pelabuhan Merak, Rest Area Tol Cikampek KM. 57, Gerbang Tol Cikupa, Gerbang Tol Cileunyi, Gerbang Tol Palimanan, Rest Area Cipali KM. 102, dan Bandara Soekarno-Hatta.

Layanan pemantauan CCTV ini sendiri sudah bisa dimanfaatkan dan bisa diakses dari aplikasi Maxstream yang bisa diunduh di Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Cara memantau CCTV melalui Maxstream

Untuk bisa memantau lalu lintas lewat kamera CCTV di aplikasi Maxstream, pengguna sejatinya harus mengunduh aplikasi Maxstream terlebih dahulu.

Setelah itu, jalankan aplikasi Maxstream dan pilih banner yang berisikan tulisan "Mudik Hepi 2019" yang terletak di halaman utama aplikasi pada bagian paling atas.

Cara memantau CCTV lewat aplikasi MaxstreamKOMPAS.com/Bill Clinten Cara memantau CCTV lewat aplikasi Maxstream

Setelah di-klik, pengguna akan disodorkan oleh tampilan ringkasan CCTV lengkap dengan informasi detail terkait konten MAXCCTV hasil kerja sama Telkomsel dengan Korlantas ini, bak melihat ringkasan serial TV yang ingin ditonton. 

Tampak pada gambar pula, judul masing-masing episode berisikan informasi tentang wilayah di mana kamera CCTV tersebut dipasang, misalnya episode 1 tampil dengan judul akhiran "Tomang" di mana kamera CCTV dipasang di daerah Tomang.

Pengguna kemudian bisa menekan tombol "Play" yang berada di sebelah kiri judul untuk memantau kamera CCTV di daerah tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X