Menjajal Kecepatan Internet Telkomsel di "Rest Area" Tol Tangerang-Merak

Kompas.com - 29/05/2019, 03:20 WIB
Gerbang tol Merak, Banten, Selasa (21/5/2019). Pekerjaan pelebaran jalan di ruas tol Tangerang - Merak dimulai dari KM 39 hingga KM 51 dan dijadwalkan rampung pada September 2019 merupakan titia Irawan kemacetan saat mudik lebaran. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOGerbang tol Merak, Banten, Selasa (21/5/2019). Pekerjaan pelebaran jalan di ruas tol Tangerang - Merak dimulai dari KM 39 hingga KM 51 dan dijadwalkan rampung pada September 2019 merupakan titia Irawan kemacetan saat mudik lebaran.
|
Editor Oik Yusuf

TANGERANG, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel mengoptimalkan jaringannya di berbagai rest area yang berada di jalan tol jalur mudik Lebaran 2019, termasuk ruas tol Tangerang-Merak.

Menurut GM External Communications Telkomsel, Denny Abidin, untuk titik-titik keramaian di rest area jalan tol, Telkomsel melakukan upgrade kapasitas jaringannya dengan menggunakan 4G TDD di frekuensi 2.300 MHz.

Tim Mudik Smart KompasTekno yang menjelajahi jalur Jakarta-Lampung pada minggu lalu, juga sempat menguji sinyal Telkomsel di rest area sepanjang tol Tangerang-Merak, termasuk di KM 42 dan KM 68, rest area terakhir sebelum ke pelabuhan penyeberangan Merak.

Baca juga: Menguji Internet Telkomsel di Ruas Tol Tangerang-Merak

Seperti sebelumnya, uji kecepatan sinyal internet dilakukan menggunakan aplikasi Speedtest dan nPerf. Selain itu, tim Mudik Smart KompasTekno juga menjajal pengalaman berinternet dengan membuka media sosial, streaming YouTube, dan browsing.

Uji sinyal Speedtest dan nPerf yang dilakukan di rest area KM 42 maupun KM 68 secara umum menunjukkan hasil yang memuaskan.

Kecepatan download  di kedua rest area tersebut adalah 22 Mbps di angka terendah, dan 88 Mbps di angka tertinggi, dengan latensi yang tergolong rendah, yakni 19 ms.

Baca juga: Telkomsel Siapkan Jaringan di Jalur Kereta ke Bandung dan Jawa Tengah

Pengalaman menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter juga terasa lancar. Streaming YouTube menggunakan resolusi 1080p masih dimungkinkan.

Telkomsel sendiri mengklaim di jalan utama dan jalan tol Trans Jawa (termasuk tol Tangerang-Merak), kekuatan sinyalnya mencapai 98,39 persen, dengan success call mencapai 99,39 persen.

Metode pengujian

Dalam uji jaringan kali ini, KompasTekno memposisikan diri sebagai pelanggan Telkomsel yang menggunakan internet untuk pemakaian standar, seperti browsing, streaming video, dan media sosial.

Baca juga: Trafik Telkomsel Turun Saat WhatsApp Dibatasi

Selain itu, kami juga menguji kecepatan internet dengan menggunakan aplikasi Speedtest dan nPerf. Dari aplikasi ini, kami bisa mendapat rata-rata kecepatan download, upload, dan latency (ping).

Pengalaman menggunakan media sosial, browsing, serta streaming juga dilakukan untuk melihat apakah sesuai dengan hasil uji yang diperlihatkan oleh aplikasi Speedtest dan nPerf.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X