Sebagian Besar Pelanggan Telkomsel di Jawa Barat Belum Beralih ke 4G

Kompas.com - 29/05/2019, 11:47 WIB
Ilustrasi Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comIlustrasi
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

BANDUNG, KOMPAS.com - Operator selyler Telkomsel mencatat ada sekitar 38,5 juta pengguna layanannya di wilayah Jabotabek - Jabar.

Dari jumlah tersebut, jumlah pelanggan yang sudah memanfaatkan jaringan 4G LTE mencapai 18,5 juta. Namun sisanya sekitar 20 juta pelanggan masih bertahan dengan jaringan lawas 2G/ 4G.

Menurut Juanita Erawati, VP ICT Telkomsel Jabotabek - Jabar, pengguna ponsel 2G/3G di wilayah cakupan Telkomsel regional 2 ini memang masih banyak.

Baca juga: Cara Daftar dan Aktifkan Paket Kuota Keluarga Telkomsel

"Iya, masih banyak (pengguna handset 2G/3G) terutama di daerah rural, misalnya di Tasikmalaya dan Ciamis, itu masih banyak yang pakai 2G dan 3G," ujar Juanita kepada KompasTekno Senin (27/5/2019).

Juanita juga menambahkan masih ada kendala untuk merayu para pelanggan Telkomsel untuk migrasi 4G, seperti kurangnya pengetahuan pelanggan tentang cara penggantian kartu SIM 2G/3G ke 4G.

Selain pengguna harus menyiapkan handset yang mendukung 4G, para pengguna juga diwajibkan untuk mengganti kartu SIM mereka dengan u-SIM (kartu 4G).

Pihak Telkomsel Jabotabek - Jabar pun terus berupaya untuk merayu para pengguna 2G/3G dengan beberapa cara, seperti bundling smartphone 4G dengan kartu SIM 4G.

Namun, pihaknya saat ini lebih fokus kepada para pengguna jaringan 2G/3G yang sudah memiliki ponsel berkemampuan 4G, tapi masih belum memakai SIM 4G. Jumlahnya ditaksir lebih dari 6 juta pelanggan.

Baca juga: Samsung dan Telkomsel Tawarkan Cicilan Galaxy A10

"Fokus utama kami itu adalah yang sudah memiliki device 4G, bagaimana caranya mereka ganti menjadi uSIM," kata Juanita.

"Karena itu kan sayang, device sudah 4G tapi masih pakai 3G karena SIM card, karena mereka tidak tahu (cara gantinya)," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X