Menjajal Internet Telkomsel di Pelabuhan Merak dan Bakauheni

Kompas.com - 29/05/2019, 13:04 WIB
Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten. KOMPAS.com/Reska K. NistantoDermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten.

MERAK, KOMPAS.com - Tim uji jaringan KompasTekno tiba di Pelabuhan Merak pada Senin (20/5/2019). Lokasi ini menjadi salah satu titik uji jaringan Telkomsel, mengingat Pelabuhan Merak menjadi lokasi yang ramai selama momen mudik Lebaran.

Di pelabuhan inilah para pemudik yang menempuh jalan darat menuju Pulau Sumatera, akan menyeberang menggunakan kapal ferry menuju Bakauheni. KompasTekno juga menguji kecepatan internet Telkomsel di Pelabuhan Bakauheni sesampainya di sana.

Dalam pengujian ini, seperti sebelumnya, kami menggunakan dua metode pengujian, yakni melalui aplikasi Speedtest dan nPerf, serta melalui pengujian lewat aplikasi media sosial, browser dan video streaming.

Kecepatan Upload Tinggi di Pelabuhan Merak

Saat tiba di Pelabuhan Merak, tim KompasTekno langsung menyalakan dua aplikasi yang digunakan untuk pengujian yakni Speedtest dan nPerf.

Pengujian melalui kedua aplikasi ini tak berlangsung lama, hanya butuh sekitar 10 menit untuk mengetahui kecepatan download, upload, dan latency di lokasi ini.

Baca juga: Menjajal Kecepatan Internet Telkomsel di Rest Area Tol Tangerang-Merak

Dari hasil pengujian lewat aplikasi nPerf, kecepatan internet Telkomsel terlihat unggul untuk proses upload. Berdasarkan catatan nPerf, angka kecepatan upload di Pelabuhan Merak mencapai 76,01 Mbps.

Sedangkan kecepatan download-nya berselisih cukup jauh di bawah kecepatan upload. Untuk download, internet Telkomsel di wilayah ini mampu mencapai kecepatan 20,26 Mbps dengan latency 49.

Bersamaan dengan itu, aplikasi lain yang kami gunakan yakni Speedtest juga menampilkan hasil yang serupa. Internet Telkomsel terbukti sangat baik dalam kecepatan upload di kawasan Pelabuhan Merak.

KMP Batumandi di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto KMP Batumandi di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten.
Angka hasil uji Speedtest menunjukkan, kecepatan upload-nya mencapai angka 54,9 Mbps. Sementara angka download-nya mencapai angka 34,7 Mbps dengan latency 20.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X