"Update" Bermasalah Membuat "Hang" Galaxy S10

Kompas.com - 30/05/2019, 15:47 WIB
Kamera belakang Samsung Galaxy S10 5G, dengan tiga lensa dan satu sensor TOF).Samsung Kamera belakang Samsung Galaxy S10 5G, dengan tiga lensa dan satu sensor TOF).

KOMPAS.com - Pembaruan software tak selalu membuat perangkat jadi lebih baik. Kadang ada juga bug yang justru menimbulkan masalah. Salah satu contohnya adalah update terbaru untuk Galaxy S10 dengan kode XXU1ASE5 yang mulai digulirkan bulan ini.

Setelah memasang update tersebut, para pengguna Galaxy S10 melaporkan perangkatnya jadi sering hang ketika membuka aplikasi yang berasal dari pihak ketiga.

Aplikasi seperti Twitter dan Nova Launcher adalah yang paling sering terkena dampak, selain itu ada pula beberapa aplikasi lainnya. Apabila sudah hang, tak ada cara lain kecuali melakukan restart agar Galaxy S10 bisa digunakan kebali.

Baca juga: 8 Fitur Galaxy S10 yang Hadir untuk Pertama Kalinya di Samsung

Secara umum, Galaxy S10 sendiri menjadi rentan hang sepanjang waktu, tak harus ketika menjalankan aplikasi pihak ketiga. Beberapa fungsi menjadi tidak responsif, termasuk pemindai sidik jari.

Proses restart pun dilaporkan tak selalu mulus. Kadangponsel tak merespon saat pilihan "restart" atau "power off" ditekan, meski kemudian akan tiba-tiba restart sendiri setelah ditunggu beberapa lama.

Pihak Samsung langsung menarik update XXU1ASE5 setelah mengetahui pembaruan tersebut menimbulkan aneka masalah pada Galaxy S10, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamMobile, Kamis (30/5/2019).

Baca juga: "Bug" Bikin Baterai Samsung Galaxy S10 Cepat Terkuras

Untuk sekarang, para pemilik Galaxy S10 yang kadung memasang update XXU1ASE5 mesti menunggu sampai Samsung merilis pembaruan lain sebagai "obat" untuk memperbaiki masalah. Sebab, factory reset sekalipun kabarnya tak manjur.

Waktu tunggu itu agaknya tak akan lama karena Samsung dikabarkan telah merilis update dengan perbaikan berkode XXU1ASE6 di Swiss. Mungkin pembaruan terkait akan segera digulirkan ke wilayah lain dalam waktu dekat.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X