Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Pamer Laptop Gaming dengan Dua Layar "Naik-Turun"

Kompas.com - 31/05/2019, 09:30 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Laptop dengan dua layar tampaknya akan menjadi primadona baru di industri PC. Baru beberapa waktu lalu, Asus memperkenalkanAsus ZenBook Pro Duo yang ditunjang dengan dua layar.

Intel agaknya akan menjadi yang selanjutnya, tapi perusahaan semikonduktor ini merancang sebuah laptop khusus untuk kalangan gamer profesional. Laptop dua layar tersebut diberi nama "Honeycomb Glacier".

Baca juga: Asus Luncurkan Laptop Dua Layar ZenBook Pro Duo

Layar utamanya berbentang 15,6 inci beresolusi 1080p dan layar sekundernya memiliki diagonal 12,3 inci dengan resolusi 1920 x 720. Tentu desainnya berbeda dengan latop milik Asus karena penggunaannya juga berbeda.

Layar Honeycomb Glacier ditunjang dengan engsel ganda. Engsel pertama berfungsi untuk menaikan layar sehingga pengguna bisa lebih mudah memantau kedua monitor dalam posisi sejajar dengan mata.

Sementara satu engsel lagi berkerja seperti kopling yang dibantu dengan sebuah tombol di sisi kiri untuk menurunkan layar atau melipat layar.

Touchpad Honeycomb Glacier di sisi kanan keyboardThe Verge Touchpad Honeycomb Glacier di sisi kanan keyboard

Untuk dapur pacunya, Honeycomb Glacier ditenagai oleh prosesor Core generasi kesembilan dengan 8 inti CPU yang belum diketahui jenisnya, berikut kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1060.

Di bawah engsel ganda, Intel menanamkan sistem pendingin. Terdapat kipas tunggal yang berungsi menarik udara melewati kompartemen.

Karena diperuntukan bagi para gamer sejati, Intel menyisipkan teknologi kamera Tobii eye tracking, yang akan mempermudah gerakan touchpad yang ada di sebelah kanan papan ketik.

Biasanya, teknologi ini digunakan para pemain e-sport untuk melacak gerakan mata selama pertandingan.

Baca juga: Laptop Berisi 6 Virus Paling Berbahanya Dijual Rp 17 Miliar

Intel agaknya masih fokus untuk desain dan masih belum menyempurnakan software dari Honeycomb Glacier. Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (29/5/2019) masih banyak bug yang ditemukan di sang laptop.

Laptop ini memang hanya berupa purwarupa yang akan menambah daftar protofolio tim riset dan pengembangan Intel di bisnis laptop.

Namun Intel optimis akan ada beberapa pabrikan laptop yang akan terinspirasi dari desain Honeycomb Glacier, seperti yang dilakukan Asus dengan ZenBook Pro Duo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com