Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Indosat Tambah Kapasitas Layanan Data

Kompas.com - 31/05/2019, 11:23 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Indosat Ooredoo menambah kapasitas jaringannya demi mengantisipasi lonjakan trafik data yang akan terjadi pada Lebaran mendatang. Indosat menambah kapasitas data sebesar 15 persen dari kapasitas data reguler harian.

Menurut Indosat, tren penggunaan media sosial yang semakin meningkat akan memicu kenaikan yang signifikan. Oleh karena itulah Indosat memprediksi akan ada lonjakan trafik data sebesar 15 hingga 20 persen selama periode mudik hingga Lebaran.

"Kami sangat memahami kebutuhan telekomunikasi yang handal selama masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi, seiring dengan meningkatnya aktifitas masyarakat mudik dan perayaan Lebaran," kata Chief Technology Officer Indosat Ooredoo, Dejan Kastelic.

"Peningkatan kapasitas data ini didukung dengan menggelar infrastruktur jaringan 4G Plus," imbuh Dejan dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (31/5/2019).

Baca juga: Indosat Ooredoo Tunjuk Ahmad Abdulaziz Al Neama sebagai CEO Baru

Selain itu, untuk mengantisipasi kenaikan trafik di titik-titik terpadat, Indosat Ooredoo juga menyiapkan 100 mobile BTS secara nasional.

Indosat pun mengklaim bahwa jaringan 4G Plus miliknya telah menjangkau 422 kota/kabupaten dan 80 persen populasi masyarakat Indonesia.

Selain itu, Indosat juga memantau kondisi jaringan selama mudik hingga Lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan dan layanan secara nasional.

Baca juga: Ramadhan, Indosat Siapkan Bandwidth 18 TB per Hari

Indosat mengatakan, layanan ini dapat mengidentifikasi secara proaktif sebelum terjadi gangguan jaringan yang berimbas kepada pelanggan melalui tim Performance Monitoring dan Customer Service.

Sehingga bila ada kendala terjadi, Indosat dapat menyelesaikannya sesegera mungkin.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com