Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Memakai Internet Telkomsel di Atas Kapal Merak-Bakauheni

Kompas.com - 31/05/2019, 14:02 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

MERAK, KOMPAS.com - Tim uji sinyal KompasTekno telah menjajal kecepatan internet operator seluler Telkomsel di sepanjang jalur penyeberangan Merak-Bakauheni.

Pengujian kecepatan internet seluler Telkomsel menggunakan aplikasi Speedtest dan nPerf menunjukkan kecepatan upload tertinggi 6 Mbps dan download tertinggi 11 Mbps.

Angka-angka itu baru sebatas hasil pengukuran benchmark. Bagaimana dengan kinerjanya di aneka aplikasi untuk penggunaan sehari-hari.

Baca juga: Menjajal Internet Telkomsel di Pelabuhan Merak dan Bakauheni

Untuk menemukan jawabannya, KompasTekno lantas menjajal penggunaan internet Telkomsel di atas kapal rute penyeberangan Merak-Bakauheni, dengan membuka media sosial, streaming video, dan melakukan voice/video call.

Media sosial

Saat pengujian dilakukan pada Senin (20/5/2019), KompasTekno menjajal membuka Facebook, Twitter, dan Instagram di atas kapal penyeberangan.

Aplikasi dapat dibuka secara lancar. Namun untuk memutar unggahan file video seperti di Facebook/Twitter, ada jeda sebentar sebelum video bisa diputar.

Menjelajahi unggahan Instagram Stories juga bisa dilakukan dengan mulus. Bahkan KompasTekno sempat mengunggah file foto/video ke akun Instagram Stories, di tengah Selat Sunda.

Streaming YouTube juga dilakukan dengan menggunakan internet mobile Telkomsel. Hasilnya, pengalaman menonton YouTube juga terasa nyaman. Kualitas video yang bisa ditampilkan mencapai 720p.

Messaging dan video call

Berkirim pesan menggunakan aplikasi pesan instan sudah menjadi bagian gaya hidup pengguna gadget sekarang, menggantikan teknologi SMS yang mulai ditinggalkan.

Baca juga: Menguji Internet Telkomsel di Ruas Tol Tangerang-Merak

Tim uji sinyal juga menjajal jaringan Telkomsel di sepanjang penyeberangan Merak-Bakauheni untuk berkirim pesan menggunakan WhatsApp, Facebook Messenger, DM Instagram, dan Telegram.

Secara umum pengalaman berkirim pesan instan terasa lancar, terutama untuk pesan teks. File multimedia seperti foto dan video kadang sedikit mengalami hambatan untuk diunduh.

Namun waktu yang dibutuhkan untuk menunggu video durasi 3 menit diunduh via WhatsApp masih relatif bisa ditolerir.

Sempat "blank"

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com