Pengalaman Memakai Internet Telkomsel di Atas Kapal Merak-Bakauheni

Kompas.com - 31/05/2019, 14:02 WIB
Menara BTS di Pelabuhan Merak, Serang, Banten. KOMPAS.com/Reska K. NistantoMenara BTS di Pelabuhan Merak, Serang, Banten.
|
Editor Oik Yusuf

MERAK, KOMPAS.com - Tim uji sinyal KompasTekno telah menjajal kecepatan internet operator seluler Telkomsel di sepanjang jalur penyeberangan Merak-Bakauheni.

Pengujian kecepatan internet seluler Telkomsel menggunakan aplikasi Speedtest dan nPerf menunjukkan kecepatan upload tertinggi 6 Mbps dan download tertinggi 11 Mbps.

Angka-angka itu baru sebatas hasil pengukuran benchmark. Bagaimana dengan kinerjanya di aneka aplikasi untuk penggunaan sehari-hari.

Baca juga: Menjajal Internet Telkomsel di Pelabuhan Merak dan Bakauheni

Untuk menemukan jawabannya, KompasTekno lantas menjajal penggunaan internet Telkomsel di atas kapal rute penyeberangan Merak-Bakauheni, dengan membuka media sosial, streaming video, dan melakukan voice/video call.

Media sosial

Saat pengujian dilakukan pada Senin (20/5/2019), KompasTekno menjajal membuka Facebook, Twitter, dan Instagram di atas kapal penyeberangan.

Aplikasi dapat dibuka secara lancar. Namun untuk memutar unggahan file video seperti di Facebook/Twitter, ada jeda sebentar sebelum video bisa diputar.

Menjelajahi unggahan Instagram Stories juga bisa dilakukan dengan mulus. Bahkan KompasTekno sempat mengunggah file foto/video ke akun Instagram Stories, di tengah Selat Sunda.

Streaming YouTube juga dilakukan dengan menggunakan internet mobile Telkomsel. Hasilnya, pengalaman menonton YouTube juga terasa nyaman. Kualitas video yang bisa ditampilkan mencapai 720p.

Messaging dan video call

Berkirim pesan menggunakan aplikasi pesan instan sudah menjadi bagian gaya hidup pengguna gadget sekarang, menggantikan teknologi SMS yang mulai ditinggalkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X