Bocoran Terbaru Galaxy Note 10, Tanpa Tombol dan Colokan "Earphone"

Kompas.com - 01/06/2019, 19:05 WIB
Ilustrasi render Galaxy Note 10 PhoneArenaIlustrasi render Galaxy Note 10

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, beredar rumor bahwa Samsung Galaxy Note 10 bakal mengusung teknologi keyless alias tanpa tombol fisik.

Rumor tersebut kian menguat, diikuti rumor baru yang menyebut bahwa port jack audio untuk headphone juga akan ikut ditanggalkan di ponsel premium tersebut Alhasil, keluaran suara hanya ditangani konektor USB type-C seperti flagship dari pabrikan lain belakangan.

Selama ini, lini Galaxy Note hingga Galaxy Note 9 masih dilengkapi dengan jack audio 3,5mm tombol fisik seperti tombol daya, volume, atau Bixby.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 10 Punya Baterai 4.500 mAh?

Semua tombol fisik itu kabarnya akan diganti dengan tombol berbasis sentuhan (capacitive) pada Galaxy Note 10.

Jika semua rumor itu terbukti nantinya, maka Samsung agaknya berniat membikin diferensiasi yang lebih lebar antara lini ponsel Galaxy S dan Galaxy Note.

Sebab, selama ini, perbedaan paling mencolok dari lini Galaxy S dan Note bisa dbilang hanya sedikit, seperti di ukuran Galaxy Note yang lebih bongsor dan adanya stylus S-Pen untuk Note.

Terobosan ponsel tanpa tombol fisik bukan lah hal baru, meski sejauh ini masih berupa konsep dan belum benar-benar diproduksi.

Vivo, misalnya, diketahui juga memperkenalkan prototipe Vivo Apex 2019 yang tidak dilengkapi tombol fisik atau lubang apapun di bodinya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Vivo Pamer Apex 2019 di Jakarta, Ponsel Unik Tanpa Tombol dan Konektor

Tanggal perkenalan Galaxy Note 10 sendiri masih belum jelas.

Jika mengacu pada jadwal peluncuran Galaxy Note tahun-tahun sebelumnya, kemungkinan besar flagship ini akan dirilis bulan Agustus, sebagimana KompasTekno rangkum dari Android Authority, Sabtu (1/6/2019).

Konon, Galaxy Note 10 akan hadir dalam empat varian dengan model SM-N970 dan SM-N975, untuk model 4G LTE serta model SM-N971 dan SM-N976 untuk model 5G.

Sejauh ini, rumor Galaxy Note 10 yang berkembang menyebut bahwa model LTE akan memiliki bentang layar 6,28 inci dan 6,75 inci dengan nama Galaxy Note 10e dan Galaxy Note 10 Plus.

Keduanya disebut bakan memiliki tiga atau empat kamera utama. Sementara untuk model 5G konon akan mengusung spesifikasi serupa dengan model LTE.

Baca juga: Rumor Galaxy Note 10 Ada 4 Varian Kian Menguat

Ponsel ini akan ditenagai system-on-chip Snapdragon 855 atau atau Exynos 9825 berikut modem Exynos 5100 yang mendukung konektivitas 5G. Lalu, kapasitas RAM ditaksir sebesar 12 GB dengan media internal 1 TB.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X