Uji Jaringan Telkomsel di Tempat Ramai Bandar Lampung, Hasilnya?

Kompas.com - 02/06/2019, 03:21 WIB
ilustrasi Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comilustrasi
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Tim uji jaringan KompasTekno tiba di Kota Bandar Lampung, provinsi Lampung, pekan lalu untuk menguji kualitas jaringan Telkomsel di beberapa titik yang telah ditentukan.

Lokasi-lokasi tersebut merupakan tempat umum yang diprediksi akan ramai pengunjung selama periode mudik dan Lebaran, yaitu Bandara Radin Inten II, Pantai Wisata Mutun, Masjid Agung Al-Furqon dan Alun-alun Lampung.

Baca juga: Menguji Internet Telkomsel di Ruas Tol Tangerang-Merak

Seperti sebelumnya, kami melakukan dua metode pengujian, yakni dengan menggunakan aplikasi pengukur kecepatan jaringan internet nPerf dan Speedtest, dan menguji pengalaman real world menggunakan media sosial, browsing dan streaming video.

Di Bandara Radin Inten II yang menjadi salah satu pintu masuk pemudik ke Lampung, nPerf mencatat angka upload rata-rata 51,34 Mbps, download 77,56 Mbps, dan latency 29 ms. Hasil Speedtest serupa dengan upload 47,6 Mbps, download 74,5 Mbps, dan latency 29 ms.

Dengan kecepatan yang terbilang tinggi itu, akses Instagram, Facebook, dan Twitter tentu berjalan lancar. Streaming video pun bisa mencapai resolusi 720p dengan mulus tanpa buffering.

Lokasi kedua adalah Pantai Mutun yang berjarak sekitar 25 KM dari Bandar Lampung. Ini adalah salah satu destinasi wisata populer pada saat libur Lebaran. Performa jaringan Telkomsel di Pantai Mutun pun secara umum cukup baik.

nPerf menghasilkan angka rata-rata upload 8,16 Mbps, download 12,61 Mbps dan latency 37 ms. Speetest sedikit berbeda, yakni upload 10,8 Mbps, download 9,38 Mbps, dan latency 33 ms.

Performa akses media sosial dan streaming video kurang lebih masih sama seperti di bandara Radin Inten II. Ingin eksis dengan Instagram Stories di pantai? Unggahan video bisa berjalan tanpa masalah.

Baca juga: Pengalaman Memakai Internet Telkomsel di Atas Kapal Merak-Bakauheni

Masjid Agung Al-Furqon yang terletak di jalan Diponegoro, Bandar Lampung, menjadi lokasi ketiga. Di sini nPerf mencatat rata-rata upload 13,27 Mbps, download 19,13 Mbps, dan latency 51 ms.

Hasil Speedtest lebih tinggi dengan upload 30,1 Mbps, download 36,6 Mbps, dan latency 66 ms. Lagi-lagi, pengalaman bermedia sosial dan streaming video bisa berlangsung lancara tanpa hambatan.

Terakhir, lokasi keempat adalah alun-alun kota Bandar Lampung yang kerap menjadi tempat nongkrong anak muda. Tak mengherankan apabila kualitas jaringan terbilang baik dengan koneksi interent kencang.

Ternyata memang demikian adanya. nPerf mencatat angka rata-rata upload 25,99 Mbps, download 36,45 Mbps, dan latency 30 ms. Speetdtest serupa dengan upload 34,3 Mbps, download 44,3 Mbps, dan latency 33 ms. Media sosial dan streaming video pun lancar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X