Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Peta Jelajah Nusantara Sajikan Informasi Pendukung Mudik

Kompas.com - 02/06/2019, 11:17 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Operator XL Axiata meluncurkan aplikasi navigasi digital “Peta Jelajah Nusantara”. Aplikasi ini adalah hasil kerja sama dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub).

Aplikasi Peta Jelajah Nusantara terhubung dengan aplikasi Google Map. Masyarakat luas bisa secara mudah mendapatkan aplikasi ini dari Google Play Store untuk smartphone Android.

Dalam aplikasi ini, terdapat sejumlah fitur yang memudahkan pengguna menemukan rute perjalanan dan berbagai informasi yang paling dibutuhkan.

Data yang tersaji di dalam aplikasi Peta Jelajah Nusantara merupakan data resmi yang ter-update dari sejumlah instansi yang terkait dengan pelayanan transportasi (Kemenhub), Kesehatan (Kementerian Kesehatan), sarana dan prasarana jalan (Bina Marga, Kementrian PUPR), serta keamanan dan ketertiban (Korlantas Polri).

Baca juga: 1.300 Penjual Pulsa Mudik Bareng XL Axiata
 
Informasi yang tersaji di dalam aplikasi Peta Jelajah Nusantara antara lain adalah navigasi jalur mudik di semua wilayah Indonesia, informasi posko-posko di sepanjang jalur utama, termasuk posko informasi jalan, posko mudik, posko kesehatan, juga terminal bus.

Selain letak posko, pengguna juga bisa mengetahui nama dan nomor kontak petugas di setiap posko.
 
Kemudian juga ada informasi pengaturan jalur lalu lintas, misalnya jalur satu arah, ganjil genap, dan jalur alternatif.

Aplikasi Peta Jelajah Nusantara juga dilengkapi dengan informasi mengenai letak titik-titik  rawan kecelakaan di jalur mudik. Dengan pengaturan, pengguna akan bisa mendapatkan notifikasi setiap mencapai daerah titik rawan kecelakaan sejak radius 2,5 km.

Baca juga: XL Luncurkan Axis Owsem, Paket Khusus untuk Gaming

Peluncuran aplikasi Peta Jelajah Nusantara dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Chief Human Capital XL Axiata, Rudy Afandi pada Selasa (28/5) lalu.

Aplikasi ini baru tersedia di platform Android, dan bisa diunduh melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com