Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanal T-Series Pecahkan Rekor 100 Juta "Subscriber" di YouTube

Kompas.com - 02/06/2019, 13:21 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah perang jumlah subscriber (pelanggan kanal) yang berlangsung cukup lama dengan gamer PewDiePie, akhirnya channel T-Series resmi menjadi raja YouTube dengan jumlah 100 juta subscriber pekan ini. 

Lebih spesifik lagi, pada Minggu (6/2/2019), jumlah pengguna YouYube yang berlangganan ke kanal T-Series mencapai 100.410.127.

Tak cuma mengalahkan PewDiePie yang jadi pesaing beratnya, jumlah ini menjadikan perusahaan studio hiburan asal Bollywood di India tersebut sebagai kanal pertama yang menembus angka subscriber 100 juta, terbanyak sepanjang sejarah YouTube.

Baca juga: Perang "Subscriber" PewDiePie Vs T-Series, Ini Kata YouTuber Anji

YouTube turut memberikan selamat kepada T-Series melalui akun Twitter.

"Selamat kepada @TSeries yang mencapai 100 juta subscriber!", kicau YouTube.

T-Series pun mengunggah kiriman atas pencapaiannya dan menyebut perestasi ini sesuatu yang membanggakan bagi India.

"Kanal YouTube terbesar, T-Series telah melampaui capaian YouTube lainnya dengan menjadi satu-satunya (kanal) yang memiliki #100MillionSubscriber. Terima kasih telah menjadi bagian dari perjalanan ini. T-Series membuat India bangga," ujar pengelola kanal itu.

T-Series juga sesumbar bahwa kanalnya telah ditonton 70 miliar lebih penonton, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gadgets 360. Prestasinya sebagai kanal pertama yang memiliki 100 juta subscriber YouTube juga tercatat dalam Guiness World Records .

Baca juga: YouTuber PewDiePie Minta Fans Setop Ajakan "Subscribe" Kanalnya

Sementara itu, pesaing T-Series, PewDiePie, sejauh ini harus puas dengan sekitar 96 juta subscriber. Persaingan jumlah subscriber antara T-Series dan PewDiePie cukup menarik banyak perhatian dari masing-masing penggemar, selebriti, dan YouTuber.

Dari kubu T-Series, Managing Director Bhushan Kumar meminta para artis di bawah labelnya mengampanyekan gerakan subscribe untuk T-Series di media sosial mereka.

Di sisi lain, PewDiePie didukung para fans yang fanatik yang melakukan cara-cara cukup radikal demi menyebarluaskan kampanye "Subsrcibe to PewDiePie". Namun, pada akhirnya sang mantan raja YouTube harus mengakui keunggulan T-Series.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com