Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Mac Pro 2019 Meluncur, Harga Rp 85 Juta

Kompas.com - 06/06/2019, 09:04 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber digit.in

KOMPAS.com - Lama menjadi anak tiri Apple,  akhirnya Mac Pro kembali dirilis dengan mengusung desain modular. Mac Pro 2019 dijual seharga 5.999 dollar AS atau sekitar Rp 85 juta.

Dengan harga tersebut, Mac Pro menawarkan desain baru dan spesifikasi yang lebih tinggi dibanding pendahulunya.

Mac Pro 2019 dilengkapi dengan CPU Intel Xeon dengan 28 inti dan didukung RAM raksasa berkapasitas 1,5 TB dengan enam slot kanal memori 12 DIMM. Ada pula delapan slot PCI Express.

Prosesor ini disokong daya 3.000W dan pendingin yang berfungsi saat perangkat bekerja keras. Bagian depan dibekali layar berbentang 32 inci Retina 6K yang disebut Pro Display XDR.

Baca juga: Apple Kenalkan MacOS Catalina, Ini Fitur-fiturnya

Satu hal yang menjadi sorotan adalah desain prosesor dan punggung Mac Pro yang dicibir mirip dengan parutan keju dengan lubang-lubang kecil yang sejatinya berfungsi untuk mengalirkan udara.

Mac Pro 2019 memiliki kerangka stainless steel dengan pegangan tangan dan roda di bawah untuk kemudahan mobilitas. Komputer ini juga ditunjang dua port Thunderbolt 3, dua port USB, dan audio jack 3,5mm.

Di saat bersamaan, Apple juga memamerkan MPX Module, kartu PCIe quad-wide yang cocok untuk dua kartu grafis dan punya pendingin sendiri. Ada delapan slot PCIe internal, empat slot double-wide, tiga slot single-wide, dan satu slot tambahan half-lenght untuk kartu I/O.

Apple menyebut, pengguna bisa memadukan pengolahan grafis AMD Radeon Pro Vega 2 atau Radeon pro Vega 2 Duo untuk meningkatkan efisiensi sistem. Pengguna juga bisa menggunakan dua kartu Radeon Pro Vega 2 Duo dalam satu waktu sekaligus.

Baca juga: Apple Bikin Monitor 6K Seharga Rp 71 Juta, Belum Termasuk Stand

Di sektor dapur pacu, Apple juga menyertakan hardware kustom bernama "Afterburner". Dengan "Afterburner", Mac Pro diklaim bisa menayangkan tiga video 8K format RAW atau 12 video berformat 4K di saat yang bersamaan.

Perangkat keras tersebut bisa memproses enam juta piksel per detik. Untuk mengendalikan temperatur, Mac Pro 2019 memiliki tiga kipas sebagai pendingin yang mengalirkan udara dengan rata-rata 300 kaki kubik per menit.

Selain itu ada juga kipas angin juga ditemani oleh blower. Mac Pro 2019 akan mulai dijual di AS pada musim gugur mendatang, dilansir KompasTekno dari Digit India, Kamis (6/6/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber digit.in
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com