Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Virtual Muncul di Kolom Pencarian Google, Begini Caranya

Kompas.com - 07/06/2019, 19:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Google meluncurkan fitur baru yang cukup asyik untuk dimainkan. Fitur tersebut berbasis teknologi augmented reality/AR (relitas ganda) yang memungkinkan pengguna menemukan hewan virtual di kolom pencarian Google.

Dengan fitur ini, pengguna hewan virtual akan muncul di hasil pencarian saat pengguna mencari jenis-jenis hewan tertentu, seperti kucing, anjing, beruang, panda, anglerfish (ikan sungut ganda), penguin, landak Eropa, singa, dan macan.

Sayangnya, penelusuran hanya bisa dilakukan dalam Bahasa Inggris. Cara menemukan mereka pun mudah. Paling penting, pastikan dulu bahwa smartphone Anda medukung fitur berbasis AR.

Kemudian, buka aplikasi Google yang terintegrasi dengan aplikasi ARCore besutan Google. Ketik salah satu hewan di atas dalam Bahasa Inggris atau bisa juga melalui perintah suara. Nantinya, di hasil pencarian teratas akan muncul sebuah kartu AR dengan nama "Meet a life-sized (hewan) up close".

Baca juga: Pencarian Google Search Bakal Tampilkan Gambar 3D

Jika ingin menempatkan hewan virtual tersebut ke dalam lingkungan nyata sekitar, klik "view in your space". Sebelumnya, Anda harus memberika ijin aplikasi ARCore untuk mengakses kamera.

Cara mencari hewan virtual di Google Search.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Cara mencari hewan virtual di Google Search.

Kemudian arahkan kamera ponsel ke bawah untuk menempatkan hewan virtual. Pengguna bisa menggeser atau mengubah ukuran hewan tersebut sesuai kehendak. Hewan virtual akan menirukan gerak-gerik khas hewan yang ditirukan.

Baca juga: 4 Fitur Baru di Google Search

Misalnya kucing menjilat kakinya, anjing mengibaskan ekor, panda memakan bambu dan sebagainya. Mereka juga mengeluarkan suara khas sebagaimana hewan aslinya.

Dilansir KompasTekno dari Engagdet, Jumat (7/6/2019), fitur AR ini merupakan fitur baru yang diperkenalkan Google dalam ajang Google I/O bulan Mei lalu.

Google juga menggandeng NASA, Samsung, Volvo, serta perusahaan lain untuk membuat obyek AR lainnya di kolom pencarian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com