Cara Matikan Iklan di Ponsel Xiaomi

Kompas.com - 08/06/2019, 19:10 WIB
Tampak depan Redmi 6 dengan layar tak berponi dan tombol navigasi yang menyatu dengan tampilan antarmuka (on-screen buttons). KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampak depan Redmi 6 dengan layar tak berponi dan tombol navigasi yang menyatu dengan tampilan antarmuka (on-screen buttons).

KOMPAS.com - Ketika sedang menjajal aplikasi bawaan di ponsel Xiaomi, pengguna biasanya menemukan beberapa iklan ads (iklan). Bahkan, notifikasi dan halaman pengaturan ponsel pun kerap diselipkan iklan.

Hal ini dikarenakan Xiaomi menanamkan sistem untuk menampilkan iklan di sebagian antarmuka MIUI dan aplikasi bawaannya. Sistem tersebut bertajuk "MIUI System Ads" (MSA).

MSA tidak bisa dihapus (uninstall) oleh pengguna. Namun, ada cara untuk menonaktifkannya agar ponsel Xiaomi bebas iklan. Bagaimana caranya?

Baca juga: Spotify Blokir Akun yang Pakai Pemblokir Iklan

Langkah 1: Matikan fitur sistem iklan (MSA)

- Pergi ke menu pengaturan ponsel atau yang biasa disebut "Settings".

- Pilih menu "Additional settings", lalu pilih "Authorization & revocation". 

- Kemudian, matikan fitur bertajuk "msa" dengan mengklik toggle di sebelah kanan. Tunggu beberapa saat hingga tombol "Revoke" bisa ditekan pada jendela yang muncul.

Ilustrasi langkah mematikan MSA di MIUIKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi langkah mematikan MSA di MIUI

Dengan menonaktifkan induk sistem ini, maka sistem iklan pada ponsel Xiaomi pun tidak akan berjalan. Namun, iklan masih bisa muncul karena terus dilacak oleh fitur rekomendasi iklan yang masih aktif.

Karena hal tersebut, pengguna harus mematikan fitur "Personalized Ad" pada ponsel Xiaomi. Caranya sendiri ada di langkah selanjutnya.

Baca juga: Iklan di Awal Video YouTube Bakal Lebih Lama

Langkah 2: Matikan fitur ads tracking

- Pergi ke menu "Settings" > "Additional settings" > "Privacy" > "Ad services".

- Di halaman "Ad services", matikan opsi "Personalized ad recommendations".

Halaman:



Close Ads X