Mengenal Angka-angka "Rating IP" di Smartphone Masa Kini

Kompas.com - 09/06/2019, 15:03 WIB
Ilustrasi smartphone Samsung direndam ke dalam airPocket-lint Ilustrasi smartphone Samsung direndam ke dalam air

KOMPAS.com - Sebagian besar ponsel flagship, seperti Samsung Galaxy S10+, iPhone XS, hingga Huawei P30 Pro, memiliki tingkat ketahanan debu dan air (IP rating) IP68.

Dengan adanya angka ini, sang pemilik smartphone tersebut agaknya tak perlu khawatir ponsel mereka disusupi oleh material debu atau air ketika mereka beraktivitas.

Lantas apa sebenarnya IP rating? Apa arti dibalik angka-angka setelah huruf "IP" tersebut?

Sebelum jauh berbicara tentang angka, kepanjangan atau arti dari IP rating itu sendiri perlu diketahui.

IP rating merupakan kepanjangan dari Ingress Protection. Seperti namanya, IP rating merupakan suatu tingkatan perlindungan dari elemen atau material-material yang bisa masuk ke sebuah benda elektronik.

Baca juga: 24 Sony Xperia Dianggap Palsukan Fitur Anti-air

Tingkat IP rating ini diberikan serta distandarisasi oleh lembaga yang bernama International Electrotechnical Commision.

Ada dua digit

Ada dua digit yang menyertai huruf "IP" di dalam tingkat IP rating. Angka pertama merupakan tingkat perlindungan terhadap objek padat, sementara angka kedua merepresentasikan tingkat ketahanan terhadap cairan.

Untuk diketahui, tingkat ketahanan terhadap benda padat direpresentasikan dengan nomor 1 hingga 6, sementara tingkat ketahanan terhadap cairan diwakilkan dengan angka 1 hingga 8.

Menariknya, angka-angka ini bisa diganti dengan huruf "X", di mana menunjukkan perangkat elektronik tersebut belum diuji coba tingkat ketahanannya.

Pada praktiknya, IP rating tidak harus diikuti dengan dua angka. IP rating bisa saja terdiri dari satu angka dan satu huruf, seperti IPX5.

Nah, jika ada huruf "X" di tempat digit pertama atau kedua, seperti yang telah disebutkan tadi, maka perangkat elektronik tersebut belum diuji coba tingkat ketahanannya.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X