Xbox "Project Scarlett" Meluncur 2020, Hardware Lebih "Ngebut"

Kompas.com - 10/06/2019, 15:03 WIB
Xbox One X MicrosoftXbox One X

KOMPAS.com - Microsoft membeberkan detail konsol gaming terbarunya di ajang pameran game tahunan E3 2019. Konsol Xbox generasi terbaru ini sementara masih bernama "Project Scarlett" dan menghadirkan sejumlah teknologi yang belum ada di konsol Xbox sebelumnya.

Satu hal yang paling baru untuk konsol Xbox terbaru ini adalah teknologi yang memungkinkan perangkat menggunakan sebagian ruang media penyimpanan (SSD) untuk membantu kinerja memori Xbox (RAM) itu sendiri.

"Kami membuat generasi SSD terbaru. Kami menggunakan SSD sebagai virtual RAM," ujar perwakilan Microsoft di dalam video trailer Xbox "Project Scarlett".

Dengan teknologi ini, Microsoft mengklaim game-game yang dijalankan bakal memiliki "loading time" yang lebih cepat dan performanya juga diklaim bakal meningkat sekitar 40x lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Baca juga: Bocoran Terbaru Xbox Two, Dirilis Tahun 2020?

Selain itu, konsol "Project Scarlett" ini dibekali dengan prosesor custom dengan arsitektur AMD Zen 2, dan Radeon RDNA yang diklaim 4x lebih "ngebut" daripada konsol Xbox One X.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada pula dukungan GDDR6 RAM terbaru di konsol "Project Scarlett" ini yang mampu menjalankan game di resolusi 8K hingga frame rate 120 fps dan dipercantik pula dengan teknologi pencahayaan masa kini, ray-tracing.

Lantas kapan Xbox "Project Scarlett" ini meluncur? Konsol Xbox generasi teranyar ini digadang-gadang bakal meluncur sekitar musim gugur 2020 atau "Holiday 2020", sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Senin (10/6/2019).

Pada saat peluncurannya nanti, Microsoft juga bakal turut meluncurkan beberapa game eksklusif, salah satunya adalah game ikonik "Halo" terbaru dengan judul "Halo Infinite".

Baca juga: Game PUBG dan PES 2019 Bisa Diunduh Gratis di Xbox

Meski begitu, Microsoft masih belum mau membeberkan tanggal pasti peluncuran ataupun desain Xbox teranyar ini beserta kisaran harganya. Kita tunggu saja kepastiannya di kemudian hari.

Penasaran ingin lihat video trailer Xbox generasi terbaru ini? Simak videonya di jendela pemutar video berikut. 



Sumber BBC,The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X