Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xbox "Project Scarlett" Meluncur 2020, Hardware Lebih "Ngebut"

Kompas.com - 10/06/2019, 15:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber BBC,The Verge

KOMPAS.com - Microsoft membeberkan detail konsol gaming terbarunya di ajang pameran game tahunan E3 2019. Konsol Xbox generasi terbaru ini sementara masih bernama "Project Scarlett" dan menghadirkan sejumlah teknologi yang belum ada di konsol Xbox sebelumnya.

Satu hal yang paling baru untuk konsol Xbox terbaru ini adalah teknologi yang memungkinkan perangkat menggunakan sebagian ruang media penyimpanan (SSD) untuk membantu kinerja memori Xbox (RAM) itu sendiri.

"Kami membuat generasi SSD terbaru. Kami menggunakan SSD sebagai virtual RAM," ujar perwakilan Microsoft di dalam video trailer Xbox "Project Scarlett".

Dengan teknologi ini, Microsoft mengklaim game-game yang dijalankan bakal memiliki "loading time" yang lebih cepat dan performanya juga diklaim bakal meningkat sekitar 40x lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Baca juga: Bocoran Terbaru Xbox Two, Dirilis Tahun 2020?

Selain itu, konsol "Project Scarlett" ini dibekali dengan prosesor custom dengan arsitektur AMD Zen 2, dan Radeon RDNA yang diklaim 4x lebih "ngebut" daripada konsol Xbox One X.

Ada pula dukungan GDDR6 RAM terbaru di konsol "Project Scarlett" ini yang mampu menjalankan game di resolusi 8K hingga frame rate 120 fps dan dipercantik pula dengan teknologi pencahayaan masa kini, ray-tracing.

Lantas kapan Xbox "Project Scarlett" ini meluncur? Konsol Xbox generasi teranyar ini digadang-gadang bakal meluncur sekitar musim gugur 2020 atau "Holiday 2020", sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Senin (10/6/2019).

Pada saat peluncurannya nanti, Microsoft juga bakal turut meluncurkan beberapa game eksklusif, salah satunya adalah game ikonik "Halo" terbaru dengan judul "Halo Infinite".

Baca juga: Game PUBG dan PES 2019 Bisa Diunduh Gratis di Xbox

Meski begitu, Microsoft masih belum mau membeberkan tanggal pasti peluncuran ataupun desain Xbox teranyar ini beserta kisaran harganya. Kita tunggu saja kepastiannya di kemudian hari.

Penasaran ingin lihat video trailer Xbox generasi terbaru ini? Simak videonya di jendela pemutar video berikut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com