Trafik Data 3 Meningkat 40 Persen Saat Lebaran

Kompas.com - 10/06/2019, 18:06 WIB
Ilustrasi kartu perdana TriIst Ilustrasi kartu perdana Tri

KOMPAS.com - Operator seluler Three (3) Indonesia mengklaim adanya kenaikan trafik di layanan streaming dan live video selama musim liburan Idul Fitri 1440 H. Kenaikan trafik yang terjadi dicatat sebesar 40 persen.

Kenaikan trafik ini berasal dari kegiatan streaming pelanggan 3 di sejumlah aplikasi dan layanan berbasis video, mencakup aplikasi YouTube, Instagram Stories, Instagram Live, dan Facebook Live.

Trafik penggunaan media sosial juga dicatat naik sebesar 35 persen, di mana para pelanggan 3 terpantau berbondong-bondong menyampaikan salam Idul Fitri via aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Jika dilihat secara garis besar, kenaikan trafik layanan data 3 pada saat libur Lebaran 2019 tercatat meningkat 40 persen dari hari biasa.

Baca juga: Sinyal 4G Tri Hadir di Sepanjang Jalur MRT Jakarta

Lonjakan trafik layanan data 3 tertinggi sendiri terpantau terjadi di daerah wisata dan kota tujuan mudik yaitu Yogyakarta, Purworejo, Brebes, Jombang dan Blora.

Di samping kenaikan trafik, 3 juga melihat adanya peningkatan pembelian mobile games sebesar lebih dari 100% dan kenaikan trafik Mobile Legend hingga 155%.

Menyiapkan dan mengoptimasi jaringan

Kenaikan trafik ini sendiri tidak membuat jaringan Tri bermasalah. Sebab, Tri sendiri memang telah menyiapkan jaringannya sebelum menyongsong musim liburan Idul Fitri 1440 H.

“Kami telah memperluas kapasitas dan jangkauan 4G/4.5GPro untuk membantu dan memudahkan pelanggan mengabadikan dan membagikan momen spesial secara real time selama perayaan Idul Fitri dan masa liburan ini,” ujar Desmond Cheung, Chief Technology Officer 3 Indonesia, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (10/6/2019).

Baca juga: Tri Mulai Matikan Jaringan 2G di Indonesia

Selain memperluas jaringan, 3 juga mengoptimasi jaringan yang berada di titik jalur mudik dan kota-kota tujuan mudik, seperti jalur kereta api Solo – Yogya – Semarang, rute Jakarta – Surabaya melalui kapal laut dan jalan tol, jalur perjalanan darat Jakarta – Merak – Palembang dan kota tujuan mudik Makassar, Medan, Banjarmasin, Balikpapan dan Padang.

Untuk mengantisipasi masalah jaringan yang mungkin terjadi, 3 juga telah menempatkan sejumlah mobile BTS di titik-titik kepadatan trafik seperti rest area dan gerbang tol untuk optimalkan kapasitas layanan di jalan tol Merak – Sidoarjo.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X