Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghemat Kuota Data Instagram Android

Kompas.com - 11/06/2019, 11:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram menjadi salah satu aplikasi favorit untuk berbagi foto dan video. Sayangnya, semakin sering Instagram digunakan, kuota data yang tersedot juga semakin banyak untuk memuat foto atau video.

Untungnya, Instagram punya fitur baru yang bisa membantu pengguna menghemat kuota data.

Fitur ini baru tersedia untuk smartphone Android dan khusus menyasar negara-negara berkembang yang memiliki akses internet terbatas.

Mode hemat Instagram bisa diaktifkan melalui menu "Pengaturan", kemudian pilih "akun", lantas pilih "Pengaturan Data Seluler". Pilih opsi "Penghemat Data" dengan menggeser tombol ke kanan dan berubah menjadi warna biru.

Baca juga: 3 Cara Download Foto dan Video dari Instagram

Mode hemat InstagramInstagram Mode hemat Instagram

Pengguna bisa memilih satu dari tiga opsi yang tersedia untuk mengatur resolusi di feed Instagram mereka.

Bisa pilih opsi "Tidak Pernah", jika tidak ingin Instagram menampilkan gambar atau video beresolusi tinggi, pilih opsi "WiFi Saja", jika hanya mengandalkan WiFi untuk memuat foto atau video beresolusi tinggi.

Opsi hemat kuota data di InstagramInstagram Opsi hemat kuota data di Instagram

Opsi terakhir adalah "Seluler dan WiFi", jika pengguna ingin memuat gambar atau video dengan resolusi tinggi menggunakan kuota data mobile dan WiFi. Itu artinya jika memilih opsi terakhir, foto dan video yang termuat akan selalu dalam resolusi tinggi.

Mode hemat ini sudah bisa digunakan pengguna di Indonesia mulai 5 Juni 2019. Instagram menyebut mode ini akan meluncur secara global secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com